Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-9pMoG5.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Samatellu, Pedda Pangkep Sulawesi Selatan

0 42

Pulau Samatellu

Pulau Samatellu Pedda adalah satu dari 115 pulau yang ada di wilayah Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, yang memiliki pantai berpasir putih dan keaneragaman jenis terumbu karang yang indah. Pulau ini menjadi salah satu spot snorkling dan diving.

Pulau ini hanya ditinggali oleh 22 rumah (keluarga) dari suku Bugis Makassar. sehari-hari mereka bekerja sebagai nelayan. Menjaring kepiting dan ikan. selebihnya pulau ini adalah hutan dengan ragam pepohanan besar dan aneka jenis tumbuhan sukun, kelapa, pisang, sri kaya dan lain lain. Ketika saya menerobos, masuk ke lebih kedalam, saya menemukan sebuah pohon besar, pohon renik, yang usianya terlihat sangat tua, yang memancarkan energi yang teduh di bawahnya.

Batang bawahnya dilingkari oleh pagar dan terlihat sisa-sisa sesajen di bawahnya.Sebuah tanya menyelinap dalam pikir. Menurut penduduk setempat, area di sekitar pohon itu merupakan area cakra atau jantung pulau Samatellu Pedda, yang dinyakini energi besar leluhur mereka. Orang-orang diluar pulau Samatellu Pedda ini bahkan sering berziarah dan memberi sesajen berupa pisang ketika ingin keinginan mereka terpenuhi. Pulau ini dapat diakses dengan sangat mudah dan murah. Dari pelabuhan Maccini Baji Pangkep, Anda naik speed boat sekitar 30 menit saja dengan harga 10 ribu perorang.

Fasilitas Wisata di Pulau Sumatellu Pedda

Selain pasir putih pulau ini juga menyediakan keindahan bawah laut berupa Terumbu Karang. Berdasarkan hasil penelitian yang pwrnah dilakukan pemerintah setempat di pulau sumatellu Pedda para wisatawan dapat menikmati kindahan terumbu karang pada ke dalaman  3 sampai 7 atau 10 meter di dalam laut. Anda juga menikmati keindahan ikan-ikan kecil pada saat menjelajah di sela-sela terumbu karang.

Disini juga kita dapat menikmati kegiatan keseharian masyarakat setempat yang masih kental dengan budaya lokal seperti cara menangkap ikan yang masih menggunakan cara tradisonal pancing dan jaring. Biasanya para wisatawan yang sudah akrab dengan masyarakat setempat ikut berlayar menangkap ikan. Mereka juga ikut dalam pengelolaan hasil tangkapan seperti pengelolaan ikan kering.Pada malam hari anda juga bisa bersantai di pinggir pantai melihat suasana bintang  sambil bakar ikan bersama masyarakat setempat.

Gambaran Umum Pulau Samatellu Pedda Pangkep Sulawesi Selatan
Pulau Samatellu Pedda Terletak di Sulawesi Selatan, Kabupaten Pangkajene atau Pangkep dan kepulauan. Pulau ini berada di titik koordinat 04041’21.3.

Secara administrasi Pulau Samatellu Pedda masuk ke wilayah Desa Mattiro Walie, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Pangkep, Sulawesi Selatan. Diihat dari letaknya maka Desa Mattiro Walie terletak di sebelah Timur Desa Mattiro Bombang, Sebelah Utara Perairan Baru, Sebelah Barat Desa Mattiro Matae, dan Sebelah Selatan Desa Mattiro Dolangeng.

Akses Jalan Kepulau Samatellu Pedda dapat ditempu selama 3 jam menggunakan kapal Penumpanng melalui jalur sungai Pangkajene. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ketempat ini berangkat dari pulau Samatellu Lompo jam 03.00 WITA, Sedangkan keberangkatan dari Pangkajene jam 10.00 WITA atau Jama 12.00 WITA.

Sumber Daya Hayati dan Ekosistem yang Dapat ditemui di Pulau Sumatellu Pedda Pangkep
Sumber Daya Hayati dan Ekosistem yang dapat anda temui ditempat ini adalah vegetasi, terumbu karang dan Lamu. Secara umum pulau ini ditumbuhi oleh tanaman Kelapa, Pisang, dan Sukun. Sedangkan di kedalaman laut anda dapat melihat berbagai jenis Terumbu Karang seperti Acropora, favia, pachieseris, montipora, porites, diploastreas. Pertumbuhan karang yang mendominasi tempat ini adalah Coral Encrusting da Coral Masive. Selain itu, di pulau ini anda juga dapat menemukan padang lamun jenis Thalassia Sp., Enhaslus sp., Cymodocea sp.

Hal Lain Yang Dapat DInikmati di Pulau Samatellu Pedda Pangkep
Ada banyak hal yang dapat anda nikmati di tempat ini seperti melihat proses budidaya dengan menggunakan keramba jaring apung.

Source https://www.wisataoky.com https://www.wisataoky.com/2018/08/wisata-pulau-samatellu-pedda-pangkep.html
Comments
Loading...