Pulau Sagori, Keindahan Alami di Sulawesi Tenggara

0 72

Pulau Sagori

Provinsi Sulawesi Tenggara juga memiliki formasi pulau-pulau kecil. Semuanya luar biasa dan patut dikunjungi. Sedangkan untuk referensi, ada Pulau Sagori, yang merupakan bagian dari Kabupaten Bombana. Selain keindahannya yang menakjubkan, pulau ini terkenal akan sejarahnya dan wisatawan cenderung akan mempelajarinya.

Menurut penduduk setempat, pulau itu merupakan surga armada Belanda selama Perang Dunia II. Pada saat itu, orang-orang Belanda mencoba menyerang Kerajaan Buton dan memilih Pulau Sagori sebagai tempat peristirahatan mereka sebelum menyerang. Tapi hari ini, pulau ini menjadi tempat favorit turis untuk menyaksikan pemandangan matahari dan pemandangan laut! Dari segi ukuran, Pulau Sagori tidak cukup besar karena hanya memiliki panjang 3.000 meter dan lebarnya 200 meter.

 

Bentuknya mirip dengan setengah lingkaran, unik! Beberapa bagian pulau ini memiliki pantai yang menakjubkan dan menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai. Fitur lainnya terdapat pohon pinus dan angin sepoi-sepoi. Itu berarti pulau itu memancarkan lingkungan yang nyaman dan bersih. Ketika datang ke laut, warnanya cukup mempesona dan ombaknya moderat. Bahkan mungkin berenang di laut, terutama bagi yang sudah profesional.

Aktivitas Di Pulau Sagori

Daya tarik utama di Pulau Sagori adalah pemandangan laut seolah-olah dibuat oleh seniman berbakat. Perpaduan antara laut biru, pasir yang mempesona, pepohonan rindang, dan suasana sejuk tidak pernah mengecewakan wisatawan. Banyak jenis pohon tumbuh di pulau ini, termasuk pohon pinus dan pohon ara yang terkenal. Pohon ara ini dianggap sebagai pusat pulau dan menjadi rumah penjaga pulau. Penduduk setempat percaya pada makhluk mistis.

Penjaga ini memiliki satu peran, yaitu mencegah terjadinya bencana dari kerusakan pulau. Seperti disebutkan sebelumnya, Pulau Sagori juga terkenal dengan sejarahnya. Itu adalah basis Belanda selama Perang Dunia II. Tujuan utama mereka adalah untuk menyerang Kerajaan Buton dan mengambil alih sumber alam di Sulawesi.

Pemimpin Belanda adalah Peter Bot, namun dia gagal memimpin pasukannya untuk menguasai kerajaan tersebut. Beberapa orang percaya itu karena penjaga Pulau Sagori, yang secara ajaib menghancurkan kemampuan perang Angkatan Darat Belanda. Belum lagi mistik ini menciptakan bencana di laut, di mana banyak kapal Belanda tenggelam.

Saat ini, Pulau Sagori diakui sebagai tempat yang indah dan berhantu. Sebenarnya, beberapa orang asing menganggapnya sebagai Segitiga Bermuda di Indonesia. Terlepas dari status mengerikan ini, pulau ini terus menarik lebih banyak pengunjung seiring berlalunya waktu. Berkat keindahan alam, wisatawan tidak akan menyesal mengunjungi pulau tersebut.

Akomodasi di Pulau Sagori

  • Hotel Grand Lampusui
  • Sinar Bombana Homestay
  • Hotel Nirwana

Akses Menuju ke Pulau Sagori

Pertanyaannya adalah bagaimana untuk mencapai Pulau Sagori. Terletak di Kabupaten Bombana dan jaraknya 145 km dari Kota Kendari. Terus terang, perjalanan bisa memakan waktu sekitar 3-4 jam tergantung pada lalu lintas dan jenis kendaraan yang mungkin Anda gunakan. Sedangkan untuk tipnya, Anda bisa mempersingkat perjalanan dengan mengikuti Jalan Poros Kendari-Andoolo. Begitu sampai di Bombana, sekarang saatnya naik perahu lokal dan menuju Pulau Sagori.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/indonesia/sulawesi-tenggara/pulau-sagori-pulau-yang-unik-dan-tempat-favorit-untuk-bersantai-di-provinsi-sulawesi-tenggara
Comments
Loading...