Pulau Rote Pulau Paling Selatan Indonesia yang Menakjubkan

0 93

Pulau Rote

Pulau Rote merupakan bagian dari Kabupaten Kupang dan merupakan pulau paling selatan Indonesia. Terletak dipantai barat Kupang. Pulau eksotis ini dapat dicapai hanya dalam empat jam. Dari Kupang dengan feri antar pulau untuk menyelam dan tour tanah kasar yang indah dan belum tersentuh. Dinding spektakuler, gua-gua dalam bukit, lembah, dan lereng-lereng bawah air. Kehidupan laut sangat bervariasi dan berlimpah yang sulit untuk dipercayai dari ikan api hingga mantas. Arsitektur Rote yang unik, sebagaimana tenun ikat mereka yang indah. Melihat gaya hidup tradisional mereka yang tetap tidak berubah selama berabad-abad.

Rote memiliki banyak sejarah yang dapat diandalkan termasuk porselen halus antik Cina, serta seni dan tradisi kuno. Banyak pemimpin nasionalis Indonesia yang terkemuka lahir di sini. Sebuah instrumen musik populer Sasando, yang terbuat dari daun lontar. Menurut legenda, pulau ini mendapat namanya secara tidak sengaja ketika seorang pelaut Portugis yang kehilangan tiba dan bertanya kepada seorang petanidi mana diaberada. Petani terkejut karena tidak bisa berbahasa Portugis, memperkenalkan diri, “Rote”. Rote lepas ujung selatan Pulau Timor terdiri dari perbukitan, perkebunan bertingkat, dan kelapa akasia, savana dan beberapa hutan.

Sebelum Kemerdekaan Indonesia, Rote, membanggakan kerajaan kepadatan tertinggidi Hindia Timur. Bahkan saat ini, pulau Rote dan kerajaan dibagi mengikuti tradisi kuno menjadi dua domain yang dikenal sebagai Sunrise dan satu sebagai Sunset. Sorang Tuan “laki-laki”, seorang Tuan”perempuan”dan beberapa penasihat, mewakili klan dalam domain tersebut. Setiap klan yang memiliki hak seremonial melakukan ritual sendiri selama perayaan HUS tahunan, festival Tahun Baru tradisional. Pada HUS, pria Rote mengenakan topi unik mereka membuat persembahan kepada leluhur klan dan perempuan menari disertai dengan sasando, Gitar Rote.

Rote merupakan lokasi yang  sangat baik untuk berselancar, Setiap tahun peselancar berduyun-duyun ke Namberala untuk menunggangi tabung mendekati sempurna yang dibentuk oleh terumbu dangkal dan angin lepas pantai. Akomodasi di Namberala memiliki sebuah resor bungalow tepi pantai tradisional dan beberapa homestay. Pantai itu sendiri adalah salah satu contoh terbaik dari pantai berpasir putih berpohon kelapa yang dapat ditemukan di mana saja. Menyelam di daerah tersebut juga luar biasa karena sejumlah besar Manta dan Dugong terlihat di sana. Sebuah perjalanan perahu ke dekat Dana atau Kepulauan Ndao juga dianjurkan.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/surfing/pulau-rote-pulau-paling-selatan-indonesia-yang-menakjubkan
Comments
Loading...