Warning: unlink(/tmp/2702945154028ae35bd071196b0edcf3-h3JZb0.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Putri, Bangka

0 112

Pulau Putri

Pulau Putri terletak bersebelahan dengan Pulau Lampu, tepatnya di sebelah barat. Pulau ini dapat dicapai dengan membayar ± Rp. 20.000,- perorang menggunakan kapal nelayan sewaan yang memang disediakan khusus bagi para wisatawan yang ingin berwisata ke pulau ini, Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan pulau, terumbu karang dan ikan karang yang berwarna warni.
Perjalanan selama 15 menit menuju ke pulau ini tidak akan terasa jauh ketika kita melihat hamparan laut biru dengan bayangan terumbu karang di bawahnya serta ikan ikan yang berenang di sekitar terumbu karang tersebut. Tiba di Pulau ini, kita dapat melakukan aktifitas di air, seperti berenang, menyaksikan terumbu karang di pinggir pantai atau snorkeling ke bagian agak tengah dari pulau untuk melihat tumbuhan karang yang lebih besar atau mungkin berlomba mencari kerang kecil yang biasa dinamakan remis di sekitar pantai tersebut.
 
Tak jarang kita dapat menemukan bintang laut kecil di pinggir pantai tersebut. Tidak perlu khawatir bagi pengunjung yang tidak bisa berenang atau pun tidak membawa peralatan snorkeling, karena di pulau tersebut telah disediakan penyewaan peralatan snorkeling dengan harga berkisar Rp. 50.000,- s.d. Rp. 75.000,- perorang yang dapat digunakan sepuasnya. Harga penyewaan alat ini sebenarnya juga digunakan untuk membiayai aktifitas kegiatan komunitas pemuda di Pulau Putri serta pelestarian dan pengembangan pulau.
Jika ada wisatawan atau peminat yang ingin belajar mengenai alam bawah laut tetapi tidak memiliki biaya, maka komunitas tersebut bersedia membantu tanpa mengeluarkan biaya. Jika tidak ingin berenang, pengunjung juga dapat duduk – duduk di bebatuan granit yang besar – besar dan tersebar di bibir pantai, sambil menikmati sejuknya angin pantai yang bertiup.
Sambil menikmati makanan khas Belinyu yang tentunya harus dibeli terlebih dahulu di pasar Belinyu sebelum menuju ke Pantai Penyusuk, seperti misalnya otak-otak, kelsan (empek – empek), pantiaw, kemplang dan panganan lainnya. Tidak perlu khawatir mengenai fasilitas MCK di pulau ini, karena sudah disediakan fasilitas yang memadai bagi wisatawan yang ingin buang air atau pun berganti pakaian. Pada musim tertentu, pulau ini memiliki 2 sisi yang kontras. Pada bagian barat pantai, angin berhembus kencang dan ombaknya cukup besar, namun pada sisi selatan, air cukup tenang karena terlindungi oleh pepohonan di pulau tersebut. Sebenarnya antara Pulau Putri dengan Pantai Penyusuk pernah dibangun jembatan penghubung, namun karena kurang perawatan dan kencangnya ombak dan angin, jembatan itu pun ambruk dan saat ini hanya tinggal puing – puing saja.
Jika berenang pada bagian selatan ini, disarankan untuk berhati hati, karena selain khawatir terinjak terumbu karang yang memang tidak dalam, juga ada puing – puing reruntuhan besi jembatan yang masih tertinggal di dasar laut.
Serta mengedukasi para pelajar  agar mencintai dan merawat alam bawah laut, sehingga pulau ini menjadi semakin cantik dan layak untuk dikunjungi oleh wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Promosi mengenai pulau ini pun saat ini sangat gencar dilakukan oleh komunitas pemuda di Kota Belinyu baik melalui media sosial, promosi langsung serta melalui seni foto bagi pecinta fotografi.
Tidak hanya promosi mengenai keindahan pulau, akan tetapi komunitas ini juga gencar mengedukasi para wisatawan agar mematuhi aturan yang diterapkan jika berwisata ke pulau, seperti misalnya tidakmengambil/merusak apapun yang ada di kawasan pulau Putri seperti terumbu karang atau pun ikannya, tidak berenang tanpa menggunakan baju pelampung dan agar tidak membuat perapian hingga mengenai akar pohon.
Source http://www.visitbangkabelitung.com http://www.visitbangkabelitung.com/content/pulau-putri
Comments
Loading...