Pulau Poncan Sibolga yang Mempesona

0 110

Pulau Poncan

Pulau Poncan Sibolga menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah kota Sibolga dan telah berkembang menjadi destinasi wisata yang cukup maju. Fasilitas yang ada di pulau ini pun cukup lengkap.

Sebenarnya terdapat dua Pulau Poncan Sibolga, yakni Poncan Gadang dan Poncan Ketek. Kedua pulau ini lokasinya bersebelahan dan bisa dijangkau dalam waktu yang singkat menggunakan speedboat. Selain dua pulau itu, ada pula dua pulau lain yang juga menjadi wilayah kota Sibolga, yakni Pulau Sarudik dan Pulau Panjang.

 

Akses transportasi menuju ke dua pulau ini ternyata sangat mudah. Kalau berangkat dari kota Medan, harus menempuh perjalanan darat sejauh 350 kilometer yang membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 9 jam perjalanan. Selanjutnya, perjalanan menuju ke Pulau Poncan bisa dilakukan menggunakan speedboat yang tersedia di dermaga. Menyeberang ke Pulau Poncan pun cukup murah, hanya dengan biaya sebesar 15 ribu rupiah per orang.

Pulau Poncan Gadang dan Ketek

Pulau Poncan Gadang dan Ketek bisa dibilang merupakan dua pulau yang kembar. Struktur kedua pulau ini pun serupa. Hanya saja, Poncan Gadang mempunyai ukuran lebih besar. Oleh karena itu pulau ini dinamakan Poncan Gadang (Poncan Besar), dan Poncan Ketek (Poncan Kecil).

Pulau Poncan Sibolga ini pun dikenal sebagai salah satu pulau yang menyimpan nilai sejarah di Provinsi Sumatera Utara. Pulau Poncan Ketek, pada zaman dahulu dikenal sebagai pusat perdagangan di kawasan Teluk Tapian Nauli. Di tempat yang sama, dulu pun pernah berdiri sebuah benteng yang bernama Benteng Tapanuli.

Selain itu, di Pulau Poncan Sibolga juga terdapat sebuah gua-gua tua yang konon dulu dibuat oleh Pasukan Jepang. Gua itupun dijadikan oleh para pasukan Jepang sebagai lokasi persembunyian perang. Dan gua-gua itupun saling berhubungan, tiga di antaranya menghadap langsung ke kota Sibolga.

Pantai Pulau Poncan Sibolga

Baik Pulau Poncan Gadang dan Poncan Ketek, dikenal sebagai dua Pulau Poncan Sibolga yang mempunyai pemandangan indah. Ciri khas utama dari kedua Pulau Poncan ini adalah pantai yang bersih. Oleh karena itu, wisatawan yang datang ke sini pun bakal sangat betah bermain di pantai kedua pulau ini.

Mata para wisatawan pun bakal termanjakan ketika berkunjung ke Pulau Poncan Sibolga. Pepohonan hijau yang melambai-lambai karena embusan angin pun bakal membuat mata semakin adem. Para traveler pun bisa pula melakukan aktivitas seperti diving ataupun snorkeling ketika berada di tempat ini.

Selain itu, para wisatawan dapat pula melakukan aktivitas berkeliling pulau Gadang Sibolga dengan menggunakan speedboat. Tarif untuk naik speedboat berkeliling pulau pun sangat murah. Wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Penginapan di Pulau Poncan Sibolga

Dari kedua Pulau Poncan Sibolga ini, Pulau Poncan Gadang menjadi pulau yang mempunyai fasilitas lengkap. Termasuk di antaranya adalah keberadaan sarana hotel dan penginapan. Jadi, kalau ingin berlama-lama di pulau cantik ini, masyarakat di sana akan menyambut dengan tangan terbuka.

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/pulau-poncan-sibolga.html
Comments
Loading...