Pulau Pombo : Keindahan Pulau Eksotis di Maluku

0 48

Pulau Pombo

Pulau Pombo adalah pulau kecil  dan tidak berpenghuni yang dikelilingi sepenuhnya oleh batuan dan karang atol yang merupakan karang berbentuk melingkar. Taman Rekreasi Laut Pulau Pombo meliputi area seluas 1.000 hektar tidak lebih dari hamparan pasir, pantai putih dan potongan karang yang dilndungi oleh dedaunan hijau dan rimbun.

Kawanan burung eksotis dari semua bentuk, ukuran dan warna  bertengger dalam cabang pohon, sementara ikan langka dan moluska berkeliaran dengan bebas di dasar laut yang bertabur karang. Lokasi yang cukup jauh, ditambah dengan keadaan lingkungan yang dilindungi semakin meningkatkan daya tarik terhadap lingkungan alam yang masih asli ini.

Perjalanan ke Pulau Pombo terutama untuk kegiatan outbound dan juga wisata bahari. Sebagai besar pulau adalah lahan konservasi yang dilindungi, penduduk untuk menetap tidak diizinkan, dan tidak ada akomodasi atau perumahan rakyat. Beberapa tanaman yang tumbuh di sini menambah kehijauan lingkungan alam.

Meskipun pulau ini dilarang untuk ditempati, berkemah masih diperbolehkan bagi mereka yang menikmati kesederhanaan alam dan petualangan liar. Laut yang jernih dipenuhi dengan beragam jenis kehidupan laut membuat diving dan snorkeling menjadi suatu keharusan bagi pengunjung di Pulau Pombo.

Meskipun memiliki perairan yang jernih dan jelas yang memungkinkan Anda untuk melihat langsung ke bawah tanpa perlu menyelam ke bawah, tidak lengkap kalau belum merasakan dengan langsung laut dengan pasir lembut dan karpet yang digoyang rumput laut serta karang yang berwarna-warni. Sebagian besar kelompok ikan berenang serempak di seluruh perairan, berkilauan di sinar matahari tropis.

Tips Berwisata ke Pulau Pombo

Sebelum Anda berpergian ke Pulau Pombo, Anda harus mempersiapkan bekal yang Anda butuhkan mulai dari makanan, obat-obatan, camping unit, peralatan berenang, dan lain-lain karena Pulau Pombo merupakan Pulau yang tidak berpenghuni.

Akomodasi di Pulau Pombo

Pulau Pombo merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan dilindungi sehingga tidak terdapat penginapan di sini. Berkemah merupakan satu-satuya pilihan apabila ingin bermalam di Pulau Pombo.

Akses Menuju Pulau Pombo

Rute tercepat ke Pulau Pombo adalah melalui Bandara Pattimura, sekitar 36 km dari Kota Ambon. Bnadara ini adalah hanya bandara domestik, dengan penerbangan yang tersedia dari, Jakarta Surabaya, Makassar, Kupang, dan beberapa daerah lainnya.

Dari Ambon, dilanjutkan dengan perjalan menuju Pelabuhan Tulehu di Waii, sebuah desa pesisir kecil di pinggiran Ambon. Sebuah speedboat bisa disewa untuk membawa Anda dari Pelabuhan Tulehu ke pulau Pombo.Perjalanan ke pulau Pombo dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Tulehu.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/pulau-pombo-di-maluku--menikmati-keindahan-alam-di-pulau-yang-tidak-berpenghuni
Comments
Loading...