Pulau Penyengat Bintan

0 29

Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah sebuah pulau kecil yang terletak di seberang Tanjung Pinang sekitar 2 km. Pada abad ke 18 pulau ini merupakan lokasi pemerintahan Kesultanan Johor-Riau dan banyak orang yang mengatakan bahwa tak lengkap rasanya jika anda ke Tanjung Pinang tanpa mengunjungi Pulau Penyengat. Maka dari itu pada saat kesempatan saya berkunjung ke Tanjung Pinang saya sempatkan singgah terlebih dahulu di pulau ini.

Pulau Penyengat dilihat dari Tanjung Pinang

Ongkos untuk sampai Pulau Penyengat hanya Rp 5000 saja, kalo kita membawa keluarga, kita bisa mencharter pompong tersebut dengan biaya Rp 150000 .

Agro di Perigi Puteri

Alhamdulillah, keadaan laut waktu itu sedang tenang, terkadang jika sedang musim angin tidak bisa kita akses ke Penyengat.

Komplek Makam Masjid Sultan Raya Riau

Peninggalan sejarah yang ditemui setelah Masjid Raya Sultan Riau adalah Perigi Puteri/Kunci yang merupakan tempat pemandian kaum perempuan pada masa Kerajaan Johor-Riau.

Agro di Perigi Puteri

Kompleks pemakaman keluarga Kesultanan Johor – Riau menaiki anak tangga menuju Bukit Kursi, dahulu bukit ini merupakan benteng pertahanan Kerajaan Johor – Riau. Di Bukit Kursi ini terdapat 8 meriam. Posisi benteng di bukit ini sangat strategis, ketika musuh sudah nampak akan mendekati pulau, tinggal ditembak saja.

Meriam di Bukit Kursi

Setelah puas menikmati Bukit Kursi, menemukan cagar yang disebut Balai Adat. Rasanya puas sekali bisa jalan – jalan sekaligus mempelajari sejarah Kerajaan Johor – Riau yang mungkin tidak kita temui di buku – buku teks pelajaran sekolah.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/mcnugraha/54f3e40e7455137d2b6c81bb/jalan-jalan-ke-pulau-penyengat
Comments
Loading...