Pulau Pemana, Pulau Terluar Indonesia yang Keindahannya Memukau

0 10

Pulau Pemana

Pulau Pemana ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Jika Anda pergi ke sebuah pelabuhan Maumere yang sibuk, ada sebuah kapal penumpang yang akan membawa Anda ke Pulau Pemana. Anda akan menempuh perjalanan selama 2 hingga 3 jam dari pelabuhan El Sai Maumere dengan menggunakan kapal penumpang. Saat akan sampai pada Pulau Pamana, akan terlihat seperti dua buah pulau yang berdekatan, namun ternyata kedua pulau yang Anda lihat itu adalah Pulau Pemana, dimana terdapat sebuah lekukan lembah yang akan membuatnya terlihat seperti dua buah pulau yang saling berdampingan.

 

Oh iya, sebelumnya Anda harus menelepon kepala desanya agar mereka mempersiapkan tempat untuk Anda menginap dan juga konsumsi selama tinggal di sini. Di pulau ini terdapat dua desa dengan jumlah penduduk yang lumayan banyak. Desa pertama adalah Desa Pemana atau Desa Ngolo ini mempunyai tempat keramat yang terletak di Kaurangka. Dimana setiap tahun, penduduknya akan melakukan ritual makan bersama dan membaca doa di tempat tesebut. Tradisi tersebut sudah ada semenjak dahulu kala, dan biasanya tradisi tersebut dilakukan pada saat bulan ke 12. Desa lainnya yaitu Desa Gunungsari juga mempunyai peradaban yang lumayan maju dengan adanya sekolah, dan tempat beribadah.

Sensasi yang akan Anda dapatkan di Pulau ini sangat berbeda, selain dengan dua buah desa yang berada di sana, terdapat pula 2 buah bukit, 2 pantai yang memiliki pasir putih dan terumbu karang yang cantik-cantik. Pada malam hari, coba lihatlah ke arah atas, langit-langit di atas Pulau Pemana ini sangat indah dan menghadirkan suasana yang sangat berbeda dari suasana di kota! Pernahkan Anda melihat gugusan bintang milky way di tempat Anda tinggal? Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia tepatnya di Pulau Pemana ini, ada sebuah milky way yang sangat indah, dimana ribuan gugusan bintang berjajar indah dan berkelap-kelip di langit malam yang cerah dan tanpa polusi!

Source http://panduanwisata.id http://panduanwisata.id/2014/12/17/pulau-pemana-pulau-terluar-indonesia-yang-keindahannya-memukau/
Comments
Loading...