Pulau Para : Surganya Wisata Bahari, Kepulauan Sangihe

0 44

Pulau Para

Kampung Para Kecamatan Tatoareng memiliki alam yang sangat indah. Tidak heran banyak potensi wisata menakjubkan di sana. Mulai dari wisata bahari, sampai ekowisata. Menurut  Kapitalaung Para E Nesar, Para punya sejumlah pantai yang memiliki pasir putih bersih dan indah panoramanya. Ini belum diketahui wisatawan lokal, maupun mancanegara.

Bahkan orang Sangihe sendiri. ”Kami memilik Pulau Nitu dan Pulau Siha yang tidak berpenghuni dengan potensi baharinya. Sangat bagus karena dikelilingi pasar putih dan alam yang indah. Kemudian Pantai Mangareng, Dano, Masing, Pepekilang, Dua Sawang, Ampetana, dan Enemanandu. Semuanya punya hamparan pasir putih bersih,” ujarnya.

 

Selain itu, Pulau Para memiliki beberapa titik spot diving. Karena keindahan bawah laut yang tidak bisa diragukan lagi. Sebab punya terumbu karang yang indah. “Selain potensi wisata bahari, Para juga punya potensi ekowisata. Sebab di Kampung Para itu tinggal spesies binatang langka. Seperti kus-kus, burung maleo dan ketang kenari,”ujarnya.

Lanjutnya, Pulau Para juga kaya akan hasil laut. Sebab ikan yang dijual Tahuna banyak berasal dari Pulau Para. Tidak heran masyarakat yang tinggal di Pulau Para 90 persen pekerjaannya sebagai nelayan. Di Pulau Para juga memiliki adat menangkap ikan yang tidak ada di tempat lain. ”Jika  wisatawan ingin liburan dan menikmati alam yang ada di Para, juga akan disuguhkan dengan berbagai macam ikan segar hasil tangkapan masyarakat,” ujarnya.

Untuk bisa sampai di Pulau Para, bisa menggunakan transportasi kapal cepat. Setiap Senin, baik dari Manado maupun Pelabuhan Tahuna. ”Tetapi Para belum tersedia cottage atau tempat penginapan. Kalau nginap bisa tinggal di rumah penduduk. Para memiliki penduduk yang ramah,” ucapnya, seraya berharap pemerintah memperhatikan potensi di Kampung Para dengan membangun tempat penginapan untuk wisatawan.

Source https://manadopostonline.com https://manadopostonline.com/read/2016/09/24/Pulau-Para-Surganya-Wisata-Bahari/17784
Comments
Loading...