Pulau Padar yang Menyimpan Pesona di Nusa Tenggara Timur

0 16

Pulau Padar yang merupakan terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo pun bisa jadi pilihan wisata Anda. Letak Pulau Padar berada di antara pulau Rinca dan Pulau Komodo. Sehingga anda bisa melihat keseluruhan Taman Nasional Komodo. Dan pulau ini lebih dekat ke pulau Rinca dibandingkan dengan Pulau Komodo yang dipisahkan oleh Selat Lintah.

Mungkin nama Pulau Padar kurang familiar di telinga wisatawan karena namanya kalah tenar dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Namun keindahan Pulau Padar tidak kalah cantiknya dengan kedua pulau tersebut. Pulau Padar atau yang populer disebut dengan Gili Padar di Flores tak ada ubahnya dengan studio foto berlatar pemandangan alam indah. Bagaimana tidak, keindahan Pulau Padar yang masuk di Taman Nasional Komodo memang luar biasa indah.

 

Pulau Padar juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Meskipun berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, namun Pulau Padar tidak dihuni oleh komodo dikarenakan rantai makanan yang terputus. Di sekitar pulau ini terdapat pula tiga atau empat pulau kecil yang memiliki keunikan panorama masing-masing. Dan di Pulau Padar juga terdapat hamparan pink beach yang sangat cocok digunakan untuk sekedar berenang, bermain air ataupun ber-snorkeling ria.

Anda juga dapat menaiki bukit yang berada di Pulau Padar untuk menikmati keindahan panorama dari atas. Di atas bukit inilah keindahan Pulau Padar akan tampak jelas. Bukit yang tinggi, jernihnya air laut, pasir pantai yang berwarna pink dan putih, dan udara yang jauh dari polusi juga jajaran pulau di sekitarnya akan menghipnotis pengunjung. Pengunjung akan disuguhi panorama “tiga danau” di Laut Flores. Tiga lekukan besar di kedua sisi tebing di Pulau Padar, baik yang menghadap Pulau Komodo maupun Pulau Rinca, memang terlihat seperti tiga tepi danau yang melingkar.

Meskipun trekking menuju bukit tertinggi akan terasa sangat melelahkan, namun Anda akan disuguhkan panorama perbukitan dan pemandangan yang sangat cantik dan mengabadikan momen akan menjadi kegiatan yang tak ada bosannya selama perjalanan trekking. Biasanya wisatawan naik ke atas bukit ini pada pagi hari untuk mengejar surise serta sore hari untuk melihat sunset. Baik sunrise maupun sunset, dua-duanya dijamin indah dan membuat anda tidak mau beranjak. Selain itu anda bisa melihat cahaya sunrise dan bulan bersamaan.

Selain panorama dari puncak bukit, Pulau Padar menawarkan panorama bawah laut. Paling tidak ada tiga spot untuk menyelam di perairan Pulau Padar. Perairan yang ditumbuhi banyak terumbu karang dengan ikan-ikan yang hidup di terumbu karang menyajikan panorama dalam laut yang indah. Jika beruntung, di titik-titik tertentu Anda bisa menjumpai ikan pari raksasa yang disebut pari manta dan juga paus dan lumba-lumba. Untuk menuju Pulau Padar, Anda harus lebih dulu terbang menuju Labuan Bajo dan dilanjutkan dengan perjalanan via kapal menuju Pulau Rinca. Dari Pulau Rinca, Anda masih harus lanjut ke Pulau Padar.

Source https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/nusa-tenggara-timur/pulau-padar-yang-menyimpan-pesona-nusa-tenggara-timur.html https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/nusa-tenggara-timur/pulau-padar-yang-menyimpan-pesona-nusa-tenggara-timur.html
Comments
Loading...