Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-NWA9L0.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Osi, Maluku

0 27

Perlu diketahui bahwa Pulau Osi adalah daratan terpisah dengan Pulau Seram dan kendaraan mobil hanya dapat sampai satu Desa yang bernama Pelita Jaya di pesisir Pulau Seram.

Pulau Osi hanya memiliki luas sekitar 9 Ha dengan panjang 600 meter dan lebar 200 meter saja. Pulau ini memiliki penghuni kurang lebih sebanyak 100 Kepala Keluarga yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan. Penduduk pulau ini didominasi oleh para pendatang yang berasal dari Sulawesi Tenggara dan umumnya mereka sudah hidup puluhan tahun serta memiliki beberapa generasi di Pulau Osi.

Kepadatan pulau Osi yang tidak terlalu besar ini memang sudah menemui masalah. Pemerintah daerah setempat bahkan sudah memindahkan sebagian penduduk ke Pulau Seram, tepatnya ke sekitar Desa Pelita Jaya.

Kini, Pulau Osi adalah sebuah tujuan wisata. Keindahan alam Taman Laut di sekitar pulau Osi menjadikan Pulau ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Beberapa penginapan dan resort pun bermunculan di sekitar Pulau Osi dan menyediakan fasilitas menginap yang cukup menarik bagi para wisatawan. Indahnya alam bawah laut Pulau Osi bukan hanya isapan jempol semata, dari jembatan maupun dermaga di sekitar Pulau Osi.

Source https://www.indonesiakaya.com https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/potensi-besar-pulau-osi-yang-memukau
Comments
Loading...