Warning: unlink(/tmp/2702945154028ae35bd071196b0edcf3-5m38NS.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Nyamuk Anambas, Kepulauan Riau

0 104

Pulau Nyamuk

Pulau Nyamuk ini merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang terletak di Kepulauan Riau,  tepatnya di kabupaten Kepulauan Anambas. Kepulauan Anambas memang merupakan sebuah kabupaten yang baru diresmikan pada tahun 2008. Dan siapa sangka ternyata Anambas memiliki potensi pariwisata yang luar biasa.

Keindahan Pulau Nyamuk

Pulau Nyamuk menyimpan berbagai keindahan yang dapat Anda nikmati saat berwisata di tempat ini. Pulau ini menjadi salah satu kawasan konservatif yang berada di wilayah wisata Kepulauan Anambas. Hal ini karena pulau Nyamuk dikelilingi hutan mangrove yang menyimpan ekosistem mangrove yang indah, yang menjadi tempat untuk berkembang biak para biorta laut. Tak cukup disitu saja, di bawah laut sekitar pulau Nyamuk ternyata juga menyimpan keindahan terumbu karang yang menakjupkan. Terdapat banyak spesies terumbu karang yang telah menjadi tempat tinggal bagi makhluk-makhluk laut, seperti salah satunya ikan karang.

Jika Anda sedang mengendarai kapal menuju pulau Nyamuk, Anda akan disuguhi keindahan alma bawah laut yang Nampak dari atas permukaan air laut, karena air laut di Kepulauan Anambas sangat jernih. Anda dapat menyaksikan segerombolan ikan berenang di sekitar perahu Anda. Sesampainya di pulau nyamuk, Anda akan disuguhkan dengan keindahan hamparan pasir putir di sepanjang pantai. Pasir-pasir ini masih bersih, karena belum banyak dijamah oleh pengunjung. Anda dapat puas bermain dan berfoto di sepanjang pantai. Pulau nyamuk merupakan kawasan konservasi perairan nasional yang tentunya sudah dikelola oleh pemerintah. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni, sehingga fasilitas yang disediakan masih cukup minim.

Sejarah Pulau Nyamuk

Sejarah pulau ini tak lepas dari sejarah Tarempa yang sudah dikisahkan banyak orang.  Pada saat itu, raja Brunei mengetahui bahwa anaknya telah menetap di laut Cina Selatan bersama lanun-lanun. Raja memerintahkan kepada hulubalang yang dibantu dengan lanun dari Sulu untuk membebaskan anaknya. Pada saat pencarian, mereka mendarat pertama kali di pulau yang tidak berpenghuni. Dan akhirnya mereka menamai pulau tersebut dengan nama pulau Bajau atau yang sekarang dikenal dengan pulau Nyamuk.

Daya Tarik di Pulau Nyamuk

Pulau nyamuk memiliki potensi hutan mangrove yang menjadi habitat biota laut. Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai spot untuk berfoto bersama rekan Anda. Pulau nyamuk juga dikelilingi oleh hamparan pasir putiih yang sangat cocok untuk tempat hunting foto bagi Anda. Selain itu, Anda juga dapat berfoto bersama ratusan terumbu karang yang berada di dalam laut. Jika Anda tidak menyelam, Anda masih dapat foto bersama ikan-ikan yang berenang di dekat permukaan air laut, ikan-ikan tersebut akan terlihat sangat jelas karena air laut di sekitar pulau Nyamuk masih sangat jernih.

Akses Menuju Pulau Nyamuk

Untuk bisa sampai ke pulau nyamuk, Anda menuju ke Tarempa terlebih dahulu dari arah Tanjung Pinang dengan menggunakan kapal ferry. Anda harus menempuh perjanan sekitar 10 jam untuk sampai ke Tarempa. Setelah itu, Anda harus naik speed boat lagi dari Tarempa menuju pulau Nyamuk dengan waktu perjalanan sekitar 1 hingga 1,5 jam. Perahu ini dapat memuat 6-8 orang.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Pulau-Nyamuk
Comments
Loading...