Pulau Nusakambangan Wisata Alam di Cilacap

0 29

Pulau Nusakambangan

Pulau ini memang sangat terkenal karena di pulau nusakambangan ini terdapat penjara yang dikhususkan untuk narapidana dengan tingkat kejahatan yang dilakukan sangat berat. Namun di balik kisah penjara kelas kakap tersebut, pulau nusakambangan juga menjadi tempat wisata Cilacap yang memiliki panorama keindahan alam memukai yang bisa anda kunjungi. Pulau Nusakambangan terletak di sebelah Selatan Pulau Jawa dan merupakan pulau kecil terluar yang berbatasan dengan Australia.

Di sebelah Utara pulau ini terdapat selat yang terkenal dengan sebutan Segara Anakan. Selat ini memisahkan Pulau Nusakambangan dengan daratan Pulau Jawa, khususnya dengan Kota Cilacap. Kota Cilacap merupakan daerah terdekat dan berbatasan langsung dengan kawasan Pulau Nusakambangan. Sebelah Selatan Pulau Nusakambangan adalah Samudera Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Luas Pulau Nusakambangan adalah sekitar 210 km2 atau 21.000 ha, memanjang dari Barat ke Timur. Pulau ini memiliki titik referensi (TR) 143. Secara administratif Pulau Nusakambangan termasuk dalam wilayah Desa Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan Kotif Cilacap Provinsi Jawa Tengah.

Di pulau ini terdapat pantai pasir putih yang tidak bisa dijumpai pada saat anda di pantai teluk penyu. Seklain keindahan pantai pasir putih, pulau nusakambangan yang dikelilingi hutan tersebut memiliki ke eksotisan tersendiri yang bisa anda nikmati pada saat mengunjungi tempat tersebut. terdapat pula benteng peninggalan jajahan belanda yang bisa anda susuri dan sekaligus belajar mengenai sejarah yang pernah terjadi pada saat belanda menjajah Indonesia. Keeksotikan pulau ini membuat anda betah untuk berlama-lama menikmati indahnya pesona suasana alam yang asri di pulau nusakambangan ini.

Akses untuk menuju ke pulau tersebut hanya dengan menaiki kapal dari pantai teluk penyu selama 5 menit. Jika anda sudah puas dan ingin pulang bisa menghubungi kapal yang tadi digunakan untuk perjalanan berangkat. Selain itu disini ada banyak sekali tempat wisata di pulau ini, antara lain hutan cagar alam, keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, serta pantai. Disini ada benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem, sementara untuk pantai, ada Pantai Karang Pandan. Semuanya eksotis dan masih terlihat asri dan alami.

Source http://wisataa.com http://wisataa.com/category/cilacap
Comments
Loading...