Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-fJpjC6.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Nunukan

0 84

Pulau Nunukan

Nunukan merupakan ibukota Kabupaten Nunukan sekaligus pusat pemerintahan kabupaten dan aktivitas ekonomi, lalu lintas dan perdagangan. Kota ini sangat strategis sebagai pintu gerbang Kalimantan Utara dan berbatasan langsung dengan Kota Tawau, Malaysia. Hal ini juga didukung oleh keberadaan Pelabuhan Tunon Taka yang dapat disandari kapal-kapal besar untuk perdagangan lintas batas. Selain itu juga ada banyak tempat wisata Nunukan yang bisa dikunjungi.

 

Tak hanya itu, ribuan calon Tenaga Kerja Indonesia setiap bulannya transit di kota ini untuk mengurus dokumen kerja. Oleh karena itu, berbagai sarana dan prasarana bagi wisatawan mancanegara terus ditingkatkan. Salah satunya adalah salah satu penunjang pariwisata, mengingat ada banyak tempat wisata Nunukan yang bisa dikunjungi.

Komoditi unggulan Nunukan terletak pada sektor pertanian, perkebunan, pertambangan dan jasa. Komoditi unggulan sektor pertanian adalah jagung dan padi, di mana sub sektor perkebunan berupa kelapa sawit, kakao, lada, Kopi, Kelapa dan cengkeh. Sektor pertambangan juga ikut andil, misalnya tambang batubara yang dikelola PT. Inti Mandiri Perkasa dan minyak bumi oleh PT Perkasa Equatorial Sembakung.

Pariwisatanya yaitu wisata alam, wisata adat dan budaya. Ada beberapa tempat wisata Nunukan yang bisa dikunjungi juga. Sementara itu, untuk industri tersedia satu kawasan, yaitu Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) Nunukan yang didukung juga oleh fasilitas listrik dan telekomunikasi.

Wilayah Utama Nunukan

Dengan luas wilayah 564,50 km2, Nunukan terdiri dari empat kelurahan dan satu desa. Nunukan juga berbatasan dengan Selat Sebatik-Pulau Sebatik di sebelah utara, Teluk Sebuku di sebelah selatan, Teluk Sebuku di sebelah barat, serta Kecamatan Nunukan Selatan dan Laut Sulawesi di sebelah timur.

 

Cara Pergi ke Nunukan

Jika anda ingin mengunjungi beberapa tempat wisata Nunukan, anda bisa pergi ke Nunukan dengan cara naik pesawat atau dengan kapal laut seperti dibawah ini:

Pergi ke Nunukan Naik Pesawat

Cara tercepat untuk mengunjungi tempat wisata Nunukan adalah dengan naik pesawat. Untuk mencapai Nunukan, Anda dapat menggunakan jalur udara dari Balikpapan dan Tarakan. Pesawat perintis double propeller, seperti Susi Air dan Kalstar siap mengantarkan Anda dari Tarakan ke Nunukan dalam waktu 20 menit. Pesawat-pesawat tersebut akan mendarat di Bandara Nunukan yang memiliki ukuran landasan pacu 1.800 x 30 meter. Jarak bandara tersebut juga tidak jauh dari pusat kota, yakni sekitar satu kilometer.

Pergi ke Nunukan Naik Kapal Laut

Selain jalur udara, ternyata jalur laut menjadi pilihan selanjutnya dengan menggunakan kapal dan speed boat yang akan berlabuh di dua pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tunon Taka Nunukan dan Pelabuhan Sungai Nyamuk. Waktu yang ditempuh dari Tarakan ke Nunukan sekitar 2,5 jam perjalanan. Mungkin in bukan cara tercepat untuk melihat tempat wisata Nunukan. Tapi ini lebih murah dan santai.

Source https://pergimulu.com https://pergimulu.com/panduan-tips-pergi-liburan-ke-nunukan/
Comments
Loading...