Pulau Molana : Keindahan Pantai Eksotis di Maluku

0 52

Pulau Molana

Pulau Molana merupakan pulau kecil yang terletak di Desa Haria, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah. Untuk menuju pulau ini, sobat traveler dapat menggunakan speedboat dari Kota Ambon. Bisa juga menggunakan kapal cepat dari Ambon ke Saparua kemudian diteruskan dengan menaiki speedboat menuju Pulau Molana.

Pulau Molana memiliki pasir putih yang halus seperti tepung terigu. Ada yang unik nih dari pasir pantai ini, saat pergantian musim, pasir pantai dapat berpindah dari sisi barat ke sisi timur karena pengaruh angin barat dan angin timur. Selain hamparan pasir putih yang halus sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer, di sekitar Pantai Molana juga terdapat tebing batu karang tempat tinggal ikan-ikan kecil.

Pulau Molana ini dimiliki oleh tiga marga, marga yang memiliki Pulau Molana antara lain adalah: marga kainama, marga kaya, marga sousia. Ketiga marga itu adalah berasal dari marga haria. Sistem marga memang dianggap penting bagi warga Maluku. Suasana pulau yang terletak di antara Pulau Saparua dan Nusalaut ini masih alami.

Pengelola wisata tidak mau melakukan banyak perubahan. Hak ini terlihat dari pemandangan sepanjang pulau. Masih hijau, dengan dihiasi beraneka ragam tanaman bakau dan pohon-pohon rindang di sekelilingnya. Di Pulau Molana ini juga terdapat hewan biawak lho. Anda dapat melihat hewan ini dengan memberi ikan untuk memancingnya keluar dari sarang.

 

Di perairan Pulau Molana juga memiliki keindahan bawah laut yang gak kalah dari Bunaken, Anda dapat melihat keindahannya dengan diving. Fasilitas seperti penginapan dan restaurant pun sudah tersedia di Pulau Molana ini. Jadi gak perlu khawatir untuk mengunjungi pulau kecil nan indah ini.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku/pulau-molana-yang-eksotis-maluku.html
Comments
Loading...