Pulau Menjangan Surga Bawah Laut Di Bali

0 17

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan (Menjangan Island) terletak di wilayah Bali Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Buleleng dan Jembrana, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang memiliki luas 190 kilometer persegi dan merupakan titik paling utara dari bagian barat Pulau Bali. Pulau Menjangan berada sekitar 60 km dari Pantai Lovina atau lebih tepatnya berada di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.

   

Nama Pulau Menjangan ini berasal dari nama hewan Menjangan, sejenis rusa yang banyak terdapat di pulau seluas 19.002,89 Ha ini. Pada musim panas banyak terlihat rusa liar yang berenang ke pulau ini, namun lama-kelamaan jumlahnya semakin berkurang sehingga pemerintah setempat menjadikan pulau ini sebagai Taman Nasional Bali Barat untuk konservasi bagi rusa-rusa yang masih tersisa untuk melindungi habitat menjangan dari kepunahan.

Keindahan Pulau Menjangan

Untuk menjaga kelestarian alam serta keanekaragaman hayati Pulau Menjangan dan sekitarnya, para pengunjung hanya di perbolehkan untuk melakukan snorkeling atau diving dengan cara yang tidak merusak ekosistem yang ada. Pulau Menjangan memiliki taman bawah laut beraneka ragam yang cantik dengan terumbu karang berwarna-warni, habitat ikan-ikan kecil yang lucu, hamparan pantai berpasir putih dan birunya air laut yang mengelilingi pulau tersebut.

Keindahan bawah laut Pulau Menjangan memang sudah dikenal sejak lama. Kekayaan bawah laut dan keindahan terumbu karangnya yang tumbuh secara alami dengan aneka biota lautnya sudah mendapat pengakuan dunia. Dikelilingi oleh dinding terumbu karang sepanjang 10 km, Pulau Menjangan diakui sebagai lokasi selam dengan wall diving (tebing bawah laut) terbaik di Bali. Bahkan menurut News Discovery, Pulau Menjangan termasuk dalam 10 Tempat Penyelaman Terbaik Di Dunia.

Daya Tarik Pulau Menjangan

Terdapat beberapa tempat menyelam di Menjangan dengan kondisi dan visibilitas yang sangat baik. Beberapa spot tersebut diantaranya: Eel Gardens yang yang sering disebut sebagai spot ‘terbaik’ karena disini anda akan melihat beragam biota laut pada kedalaman 40 meter, lalu Secret Bay cocok untuk anda yang menyukai macro diving, dan yang terakhir Anchor Wreck dimana dilokasi diving ini anda akan melihat bangkai kapal yang tenggelam sejak abad ke-19 saat terjadi perang dunia II.

Selain snorkelling dan diving, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung, yaitu beach walking dan mengunjungi pura. Di Pulau Menjangan terdapat tak kurang 8 buah pura, salah satunya Pura Ganesha yang sering digunakan untuk beribah umat Hindu, yang juga menjadi ikon Pulau Menjangan. Pura itu dihiasi Patung Ganesha yang menghadap ke laut lepas yang dipercaya masyarakat setempat sebagai penjaga perairan Bali agar tetap aman dan asri. Itulah sebabnya Pulau menjangan termasuk tempat yang disakralkan.

Rute Menuju Pulau Menjangan

Pulau Menjangan terletak di barat Kabupaten Buleleng, atau tepatnya di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari Kota Singaraja berjarak 90 km, sedangkan dari Pantai Lovina jaraknya sekitar 60 km. Untuk mencapai Pulau Menjangan bisa melalui Bali maupun Banyuwangi. Jika starting poinnya dari Bali, untuk mencapai Pulau Menjangan bisa melalui Pelabuhan Gilimanuk, kemudian menuju ke Taman Nasional Bali Barat. Pilihan lainnya melalui Bali bagian tengah melewati Danau Batur dan Kintamani. Namun jalur ini kurang populer. Untuk menuju Pulau Menjangan, diawali dari Denpasar perjalanan menuju ke Gilimanuk sejauh 129 km yang umumnya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Selanjutnya dari Gilimanuk menuju pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang di Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng sejauh 16 km.

Source http://www.banyuwangibagus.com http://www.banyuwangibagus.com/2016/01/banyak-jalan-menuju-pulau-menjangan.html
Comments
Loading...