Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-LOtPx7.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Mas, Pulau yang Memilki Terowongan Bawah Laut Gorontalo

0 41

Pulau Mas

Tempat wisata di Kabupaten Gorontalo Utara tak bisa dianggap enteng. Dengan memilki garis pantai terpanjang se-Provinsi Gorontalo, Gorontalo Utara dikenal memilki tempat wisata bahari yang kaya. Gorontalo Utara sendiri, saat ini memilki destinasi wisata Pulau Saronde yang sudah terkenal sampai pelosok negri.

Selain Saronde, Gorontalo Utara memiliki ratusan pulau, yang sampai saat ini belum tersentuh oleh pemerintah daerah setempat untuk dijadikan tempat wisata layaknya Pulau Saronde. Pulau Mas misalnya. Pulau yang terletak di Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur ini misalnya. Hingga saat ini, pulau yang memilki pasir putih yang indah ini, belum mendapat perehatian serius oleh pemerintah.

Pedahal, pulau yang satu ini sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Selain bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, pulau yang memilki terowongan bawah laut ini tentunya bisa meningkatkan Pendapatan asli daerah.

Pulau Mas tak kalah dengan keindahan pulau-pulau lainnya di daerah paling utara Provinsi Gorontalo itu. Pulau ini memilki pasir putih yang indah, serta pemandangan taman laut yang luar biasa. Selain itu, pulau yang diyakini menjadi tempat pengangkutan Emas oleh bangsa Belanda dijaman penjajahan dulu itu, memilki terowongan bawah laut yang menghubungkan pulau tersebut dengan Desa Hulawa.

Namun menurut warga sekitar, terowongan tersebut sudah lama tidak terpakai, sehingga tidak bisa dipastikan terowongan tersebut masih terhubung atau sudah tidak lagi. Salah satu peninggalan Belanda yang menjadi bukti adanya terowongan tersebut, adanya Kuali raksasa di Desa Hulawa yang diyakini digunakan mereka untuk mengolah Emas. Di pulau ini pula terdapat bangkai kapal Belanda yang telah karam.

Pulau Mas sendiri berada di Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalon Utara, Provinsi Gorontalo. Dari Kota Gorontalo, Anda bisa menggunkan mobil dengan menempuh jarak kurang lebih 100 Km untuk sampai ke Desa Buladu. Untuk menuju Pulau tersebut, Anda bisa menggunakan perahu mesin dengan waktu tempuh kurang lebih 10 Menit.

Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan laut serta pantai yabng indah. Sebelum sampai ke lokasi, Anda akan melewati salah satu tempat wisata, namanya Pantai Tolitehuyu. Dari tempet itu, Anda tidak akan lama lagi samapi ke tempat tujuan. So, perjalanan panjang Anda tidak akan terasa karena selama perjalanan, Anda akan melihat  indahnya alam Gorontalo Utara.

Source http://satugorontalo.blogspot.com http://satugorontalo.blogspot.com/2015/06/pulau-mas-pulau-yang-memilki-terowongan.html
Comments
Loading...