Pulau Maratua : Pecahan Surga Di Selatan Kepulauan Derawan

0 9

Pulau Maratua

Pulau Maratua, Sebuah pulau kecil yang berada di selatan pulau tarakan dan berada di lautan Sulawesi. Pulau yang berbentuk mirip huruf ini memiliki eksotisme dan keindahan yang sanga indah. Karakteristik dari Pulau Maratua hampir mirip dengan Pulau Derawan.

Pulau Maratua adalah sebuah pulau kecil dengan penduduk sekitar 3.000 jiwa dan penduduk asli di Pulau Maratua adalah suku bajo yang terbagi dalam 4 desa.Pekerjaan sehari-hari penduduk asli Pulau Maratua adalah nelayan.

 

Ketika pengunjung pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Maratua, akan disuguhi dengan suasana yang sangat alami, air laut yang biru jernih , gelombang yang tenang dan semilir angin pantai yang tidak terlalu besar. Hal semacam inilah yang membuat wisatawan yang datang ke Pulau Maratua betah berlama-lama

Tujuan para pengunjung yang datang ke Pulau Maratua biasanya untuk diving di sekitar Pulau Maratua, Memang beberapa gugus pulau kecil di kalimantan timur, seperti pulau derawan, Pulau Maratua, pulau panjang dan pulau kakaban adalah wilayah diving  yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah.

Rute Menuju Ke Pulau Maratua

Untuk menuju kepulau maratua sebenarnya ada beberapa alternatif , bisa melali jalur laut dan jalur udara. Untuk jalur laut dari perjalanan dapt di mulai Dari kota Tarakan, pengunjung bisa naik pesawat dengan tujuan  Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Dari kota  Tanjung Redeb, pengunjung bisa  menyewa speed boat menuju ke  Pulau Maratua. Perjalanan dari tanjung redep menuju ke Pulau Maratua membutuhkan waktu yang agak lama, yaitu sekitar 3 jam perjalanan laut dengan kecepatan sedang.

Jalur yang kedua adalah jalur yang akhir-akhir ini banyak di gunakan oleh pengunjung, yaitu dengan jalur udara. Pada awal tahun 2015 ternyata para wisatawan yang mengunjungi kepulauan maratua meningkat drastis maka pemerintah kalimantan timur membangun bandara di kota maratua. Perjalanan bisa di mulai dari kota tarakan. Dari Bandara kota tarakan , pengunjung langsung bisa memesan tiket penerbangan menuju bandara Pulau Maratua. penerbangan menuju nbandara Pulau Maratua hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan pesawat perintis jenis cesna.

Fasilitas Di Pulau Maratua

Sebagai wisata bahari, Pulau Maratua juga seduh tersedia resort dan beberapa fasilitas. Jika pengunjung akan melakukan diving di Pulau Maratua disana sudah tersedia beberapa penyewaan peraltan diving dan menyelam.

Untuk menginap, di Pulau Maratua terdapat sebuah resort yaitu Maratua Paradise Resort. Penginapan di maratua paradise resort sendiri terbagi dalam 2 area yaitu water villa yang berada di atas perairan pantai maratua dengan tarf RP 600.000  / malam / orang dan beach villa yang berada di pinggir pantai maratua dengan tarif Rp. 500.000 / malam / orang.

Fasilitas di penginapan atau resort di Pulau Maratua tersebut sudah termasuk dengan pendingin ruangan, bathup dan fasilitas makan 3 kali dalam sehari. di maratua paradise resort juga terdapat penyewaan peralatan diving dan penyewaan kapal.

Keindahan Pulau Maratua

Selain keindahan laut Pulau Maratua, pengunjung juga bisa menikmati wisata budaya, yaitu berkomunikasi langsung dengan suku bajo, penduduk asli Pulau Maratua yang terkenal dengan keahlian melautnya. Disana pengunjung bisa bertanya banyak tentang budaya asli suku bajo, Larena memang suku bajo juga sangat ramah dengan para pengunjung yang datang ke Pulau Maratua.

Source https://piknikasik.com https://piknikasik.com/eksotisme-pulau-maratua-pecahan-surga-di-selatan-kepulauan-derawan
Comments
Loading...