Pulau Luwu Timur, Sulawesi Selatan

0 82

Luwu Timur

Luwu Timur banyak menawarkan pesona wisata yang menawan dan menggoda hati untuk dirasakan sensasinya secara langsung. Di Sumatera Utara kita mengenal keindahan Danau Toba, maka di Luwu Timur kita digoda untuk mencicipi keindahan Danau Matano, Danau Towuti dan Danau Mahalona, di antara eksotisme alam Pegunungan Verbeek.

   

Jika Di Toraja kita disuguhi erotisme pegunungan Sesean dan Latimojong, maka di Luwu Timur kita disuguhi eksotisme panorama tebing jalan Kasintuwu di punggung Gunund Baliase dengan hamparan dataran kota Mangkutana – Towuti – Wotu, hingga pesona biru Teluk Bone. Salah satu keuntungan lainnya yaitu daereah ini terletak pada jalan poros Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Saat ini pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur tengah berbenah menggalakkan pembangunan terlebih di sektor Kebudayaan dan Pariwisata. Luwu Timur merupakan daerah yang dianugerahi kekayaan alam, kekayaan pesona alam yang memikat, terletak di kaki Gunung Baliase (3.016 m) dan deretan.

Pegunungan Verbeek dengan kandungan minereal melimpah, serta letaknya di Utara Teluk Bone menjadikan menawan secara geografis. Luwu Timur banyak menawarkan pesona wisata yang menewan dan menggoda hati untuk dirasakan sensainya secara langsung.

Perlindungan & Pariwisata tiga danau

Danau Mahalona, Matano & Towuti (Sistem Danau Malili) telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi Taman Wisata Alam yang ditetapkan tahun 1970. Di bawah pengelolaan Balai KOnservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan.

Kawasan ini memiliki luas keseluruhan 95.000 Ha, meliputi pulau – pulau di dalam danau. Dengan keunikan sebagai danau tektonik, kawasan ini dapat dimanfaatkan sebagai wisata tirta yang dipadukan dengan wisata minat khusus, seperti menyelam dan mendayung.

Comments
Loading...