Pulau Landea, Polewali Mandar

0 57

Pulau Landea

Pulau Landea letaknya dekat dengan Pulau Salamaq/Pulau Tangnga, ukurannya kecil, tak berpenghuni, jika dilihat sekilas suasananya yang tenang dapat menjadi daya tarik untuk sekedar menikmati tepian pulaunya yang berbatu. Dahulu terdapat sebuah bangunan gazebo milik pemerintah yang dibangun disini, namun kini tak ada lagi jejaknya yang dapat ditemukan.
Pulau ini belum jadi tujuan kunjungan untuk tamasya karena ketiadaan fasilitas. Orang-orang lebih banyak dan menyukai pesona Pulau Pasir Putih/ Pulau Gusung Toraja. Pasti ada yang bertanya bagaimana kondisi terumbu karangnya? menurut pandangan saya “not too good”, masih lebih subur terumbu karang yang ada di sepanjang jalur¬† Pulau Gusung Toraja / Pulau Pasir Putih menuju Pulau Salamaq/ Pulau Tangnga.
Pulau Landea
Pulau Landea
Pulau Landea
Dan benar saja menurut data yang dirilis Mapala Unasman yang sering berkunjung kesini, jalur Gusung Toraja-Salamaq merupakan stasiun konservasi terumbu karang.Tapi tak mengapa, kekecewaan saya bisa terobati, pemandangan pulaunya keren, seperti Belitung versi Mini ada batuan berukuran kecil menutupi bagian tepinya, tidak sebesar yang ada di Belitung namun strukturnya mirip.
Batuan serupa batu kali dengan permukaan halus langsung bersisian dengan permukaan laut. Kalau di Belitung ukuran batunya lebih besar dari manusia, namun di Pulau Landea ukurannya kecil saja. Sementara Askar Al-Qadri hanya duduk cantik di atas perahu memandangi kami yang berenang meliuk liuk kesana kemari.
Source http://kompadansamandar.blogspot.com http://kompadansamandar.blogspot.com/2017/03/pulau-landea-belitung-versi-mini-milik-polewali-mandar.html
Comments
Loading...