Pulau Lakadao : Surga Tersembunyi Di Ujung Pulau Buton

0 67

Pulau Lakadao

Pulau Buton di wilayah Sulawesi Tenggara memang menyimpan begitu banyak Objek Wisata yang masih alami dan belum banyak di ketahui oleh Traveler. Bahkan masyarakat setempat saja terkadang tidak begitu memahami semua Objek Wisata yang masih tersembunyi. Salah satu Objek Wisata di Pulau Buton yang luar biasa indahnya dan masih alami adalah Pulau Lakadao.
      
Pulau Lakadao masuk dalam area Desa Wabula. Namun berdasarkan informasi dari Netizen di group facebook Buton Selatan  bahwa Pulau Lakadao masuk di area kecamatan Lapandewa, yang berjarak sekitar 28 KM dari Pasar Wajo, ibu kota Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Jadi rute yang bisa di ambil dari Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara adalah Baubau – Pasarwajo – Wabula. Kemudian dari Desa Wabula menuju Pulau Lakadao harus menumpang kapal nelayan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.
Pulau Lakadao menyuguhkan panorama yang luar biasa. Pulau ini sebenarnya masih satu daratan dengan Pulau Buton dan lebih sebagai tanah yang menjorok ke lautan sehingga selain bisa di tempuh menggunakan kapal nelayan, bisa juga menggunakan jalur darat. Namun jalur darat lebih sulit sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lakadao menempuh jalur laut dengan menyusuri bibir pantai.
Buton Selatan saat ini untuk jalur darat menuju Pulau Lakadao akses masih terus di upayakan oleh pemerintah Desa Burangasi Rumbia, melalui Dana Desa. Karena ternyata akses darat menuju Pulau Lakadao, yaitu dari Pantai Rampea menuju ke Mercusuar serta Matano Tai dan Pantai Lakadao merupakan kawasan Wisata Religi.
Karena Desa Burangasi Rumbia di percaya sebagai kawasan pertama kalinya ajaran islam di Pulau Buton. Wah, ini informasi berharga dan saya pribadi berharap kawasan wisata ini bisa menjadi cagar budaya serta kekayaan Masyarakat Buton.
Pulau Lakadao nyaris tanpa penghuni, sehingga masih asri dan alami. Pantai di sekitar Pulau Lakadao berwarna putih lembut serta di dukung dengan adanya beberapa batu karang besar yang semakin menambah eksotisme pemandangan alam laut yang sesungguhnya. Dan jika sedang beruntung, saat anda berada di perahu menuju Pulau Lakadao bisa menjumpai komunitas Lumba – Lumba yang sesekali meloncat di atas permukaan air laut.
Source https://www.denianggoleta.com https://www.denianggoleta.com/2017/05/wisata-pulau-lakadao-syurga-tersembunyi.html
Comments
Loading...