Pulau Kisar, Maluku

0 23

Pulau Kisar

Nama sebuah pantai di antara beberapa pantai di pulau KISAR, adalah sebuah lokasi yang panoramanya cukup mempesona dan menawan bila dinikmati terutama pada waktu liburan maupun kegiatan rekreasi lainnya. Keindahan alamnya yang anggun walaupun sederhana tapi secara rutin selalu dinikmati para wisatawan baik domestik dan juga manca negara.

Pantai Kiasar terletak di pesisir selatan pulau KISAR, berjarak sekitar 5 kilometer arah tenggara dari kota wonreli, termasuk dalam wilayah administratif Desa Oirata Barat. Lokasi sekitar pantai ini berbatasan langsung dengan laut sebelah selatan yaitu selat Negara  Timor  Leste. Oleh karena letak geografisnya maka pulau KISAR telah ditetapkan berdasarkan undang-undang dan peraturan Pemerintah RI sebagai salah satu pulau terluar di wilayah NKRI.

 

Hal ini karena letak pulau KISAR hanya sekitar  beberap Mil berada di sebelah utara daerah  Lospolos, Negara  Timor Leste (dahulu jadi Propinsi Ke 27 NKRI). Posisi astronomis  pulau Kisar berada pada garis kordinat sesuai peta sekitar, memang tidak banyak dikenal secara nasional maupun internasional. Hal ini disebabkan karena pulau yang dijuluki pulau batu karang itu tidak tercatat dalam Ensiklopedi Indonesia.

Akan tetapi ternyata pulau Kisar memiliki salah satu potensi yang cukup menggiurkan  yaitu, keindahan alam, misalnya kawasan pantai Kiasar yang telah disinggung di atas. Itu sebabnya mengapa lokasi pantai Kiasar selalu merupakan destinasi para turis baik domestik mau pun manca negara yang seringkali berkunjung di pulau Kisar.

Bagi setiap pendatang yang baru tiba di pulau Kisar supaya gunakan waktu sejenak berkunjung kepantai KIASAR, sekalipun panorama alamnya sederhana namun di pantai Kiasar sekitarnya tersimpan sejuta  Memory❠masa lalu tentang kehidupan awal para leluhur suku Kisar yaitu Woirata dan Meher yang tidak mungkin  terulang lagi, dan hanya meninggalkan suatu nostalgia tiada akhir.

Source http://oiratabarat.desa.id http://oiratabarat.desa.id/2016/11/20/panorama-pantai-kiasar-di-pulau-kisar-yang-bertemapat-di-desa-oirata-barat/
Comments
Loading...