Warning: unlink(/tmp/2702945154028ae35bd071196b0edcf3-i41au6.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Ketawai, Bangka

0 145

Pulau Ketawai

Ketawai adalah nama pulau kecil di Bangka. Pulau yang tepat bagi traveler yang mau melepas penat. Sebab pantai dan terumbu karangnya, cantik dan masih alami! Sebagai daerah kepulauan, Kepulauan Bangka Belitung memiliki begitu banyak pulau kecil tak berpenghuni yang menyajikan panaroma alam yang sayang bila tak dinikmati. Pulau-pulau itu menyebar di beberapa sudut Pulau Bangka dan Pulau Belitung sebagai pulau utama.

Salah satu pulau kecil dengan pemandangan bahari yang masih asri itu ada di sisi timur Pulau Bangka, tepatnya di Kabupaten Bangka Tengah. Namanya Pulau Ketawai. Selain menikmati pemandangan baharinya yang sepintas lalu langsung membuat beban pikiran sirna, di pulau dengan luas hanya beberapa hektar saja ini kita pun bisa snorkeling menikmati kecantikan alam bawah laut Pulau Bangka.

Pulau Ketawai dapat dijangkau dengan menyewa sebuah kapal motormilik nelayan. Biasanya, wisatawan yang hendak menikmati keindahan Pulau Ketawai, harus berangkat dari desa nelayan yang ada di jalur lalu lintas Pangkalpinang-Toboali, baik Desa Kurau Barat maupun Desa Kurau Timur, keduanya terletak di Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. 

Di dua desa yang dulu satu ini, banyak kapal-kapal nelayan yang siap mengantar para pelancong menuju Pulau Ketawai. Harga sewa kapal rata-rata adalah Rp. 800.000/ kapal pulang-pergi, bisa diisi 8 orang penumpang atau lebih. Seraya menemani Hendry Septiawan, Adri Wahyuning dan Muhammad Arridho yang sengaja datang dari Jakarta untuk berlibur di Pulau Bangka, suatu hari kami mendatangi Pulau Ketawai. Hari itu merupakan hari keempat mereka berada di Pulau Bangka.

Hari itu, kami tak hanya berempat, tetapi ditemani oleh Firda Anggola dan Yarni Widysari, dua orang hijaber asli Pulau Bangka yang walaupun sempat mual-mual selama perjalanan akibat mabuk perjalanan, menjadikan liburan hari itu menjadi lebih berwarna. Sepanjang perjalanan, tampak Pulau Ketawai yang semakin lama semakin membesar, petanda bahwa sebentar lagi kami akan segera tiba. Sekitar 1,5 jam perjalanan laut dari dermaga, sampailah kami di Pulau Ketawai, setelah menempuh perjalanan yang lumayan menantang karena harus berhadapan dengan tingginya gelombang.

Beberapa kapal nelayan lain tampak berjejer di tepian pulau yang didominasi pohon kelapa ini, menunggu rombongan wisatawan yang tadi mereka bawa dari dermaga. Sebelum menikmati keindahan Pulau Ketawai lebih jauh lagi, mengelilingi seraya mengabadikan setiap sudutnya dalam bidikan kamera, kami mencari tempat berteduh untuk istirahat sejenak seraya menyantap makanan yang tadi kami beli. Setelahnya, barulah kami jalan-jalan mengitari Pulau Ketawai yang dikelingi air lautnya jernih serta pasir pantainya yang putih lagi bersih.

Cuaca panas ditambah kabut asap yang pun dirasakan oleh masyarakat Pulau Bangka, tidak membuat wisatawan lain surut niatnya menceburkan diri ke dalam laut untuk mandi. Pulau kecil ini sungguh menawan, kawan. Apalagi, terumbu karang di sini masih terjaga dengan baik. Jadi, sebenarnya wisatawan yang datang bisa snorkeling atau bahkan diving di sini. Sayang, belum disediakan fasilitas semacam ini di sini. Yuk, datang ke Pulau Bangka.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3056596/petualangan-penuh-warna-di-pulau-ketawai-bangka
Comments
Loading...