Pulau Kembang Banjarmasin Kalimantan Selatan

0 33

Pulau Kembang

Pulau Kembang terletak di sebelah barat Kota Banjarmasin. Pulau Kembang ditetapkan sebagai hutan wisata.

Pulau Kembang merupakan habitat bagi kera ekor panjang (monyet) dan beberapa jenis burung. Kawasan pulau Kembang merupakan salah satu obyek wisata yang berada di dalam kawasan hutan di Kabupaten Barito Kuala.

Di dalam kawasan hutan wisata ini terdapat altar yang diperuntukkan sebagai tempat meletakkan sesaji bagi ”penjaga” pulau Kembang yang dilambangkan dengan dua buah arca berwujud kera berwarna putih (Hanoman), oleh masyarakat dari etnis Tionghoa-Indonesia yang mempunyai kaul atau nazar tertentu.Seekor kambing jantan yang tanduknya dilapisi emas biasanya dilepaskan ke dalam hutan pulau Kembang apabila sebuah permohonan berhasil atau terkabul.
Rute Menuju Pulau Kembang

Pulau Kembang adalah salah satu primadona yang ada di Banjarmasin, yang bisa kita kunjungi setelah Pasar Terapung Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala,Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Pulau ini secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Namun untuk menuju kesana biasanya masyarakat melalui Kota Banjarmasin karena lokasinya lebih dekat yakni berada sebelah barat Kota Banjarmasin. Pulau yang terletak di tengah Sungai Barito ini pada dasarnya adalah sebuah delta yang terbentuk secara alami. Pulau Kembang merupakan hutan wisata yang berada dikawasan konservasi di bawah pemangkuan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan seluas 60 Ha. Pulau Kembang ini tidak dihuni manusia namun didominasi oleh fauna seperti kera ekor panjang dan bekantan. Meskipun tidak dihuni manusia pulau ini memiliki keterkaitan dengan masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin.

Jika kita lewat Siring Sungai Martapura kita bisa menyewa klotok yang setiap hari mangkal disana dengan tujuan Pulau Kembang, kalau hari-hari biasa agak sepi jadi biasanya kita sewa nya bukan perorangan tapi per setiap klotok dengan biaya kurang lebih 300.000/klotok. Namun kalau kita berangkat ke pulau kembangnya pada hari libur / minggu, biasanya banyak wisatawan juga yang hendak kesana, jadi kita bisa hanya membayar 35.000/orang kalau sudah cukup penumpangnya minimal 12 orang, kita langsung di antarkan ke tujuan. Lama perjalanan ke Pulau Kembang kurang lebih 1 jam, selama perjalanan kita akan melihat keindahan sungai Martapura dan Sungai Barito yang terkenal itu, kehidupan masyarakat di sekitar sungai beserta beberapa kapa-kapal yang sengaja parkir di pinggiran sungai Barito.

Source Pulau Kembang
Comments
Loading...