Pulau Kasiak Padang Pariaman

0 81

Pulau Kasiak

Pulau Kasiak merupakan satu dari sekian pulau kecil yang ada di Indonesia. Pualu ini adalah pulau yang unik karena bisa dicapai dengan cukup mudah. Tempat Wisata di Padang Pariaman ini juga terbilang masih sangat asri dan alami karena memang belum banyak orang yang mengakses pulau ini sebagai pulau wisata. Pulau ini tergolong pulau kecil yang tidak berpenghuni, sehingga Anda akan merasa seperti datang ke pulau pribadi.

Keunikan dari pulau ini adalah memiliki hamparan pasir putih yang masih sangat bersih. Selain itu pulau ini berada di area laut yang tenang, dengan ombak yang tidak begitu besar. Sehingga akan sangat aman berkegiatan di pulau ini. biota laut yang ada di sana pun sangat lengkap dan airnya jernih, sehingga keindahan bawah lautnya terlihat dari permukaan. Tidak hanya itu, penyu-penyu juga bisa dilihat di sana. Jenis penyu yang sering naik ke permukaan pantai adalah penyu belimbing dan penyu sisik.

Pulau seluas 2,5 hektar ini tentu akan menjadi sebuah pulau wisata dengan suasana yang sangat indah. Pulau ini posisinya ada di paling utara Kota Pariaman. Pepohonan kelapa juga akan Anda temui saat berkegiatan di tempat ini. selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa dinikmati bersama teman atau keluarga, terutama untuk Anda yang sangat suka menikmati keindahan laut yang mempesona.

Di Tempat Wisata di Sumatera Barat ini juga ada mercusuar yang tingginya 40 meter. mercusuar ini berfungsi sebagai menara penunjuk arah untuk perahu dan kapal-kapal di sekitar Padang Pariaman, termasuk perahu pengirim berita cuaca ke pos Dinas Perhubungan Laut.

Akses Menuju ke Pulau Kasiak

Pulau Kasiak Pariaman berada di propinsi Sumatera Barat, Kabupaten Padang Pariaman. Pulau ini posisinya ada di 56 kilometer jauhnya dari pusat kota Padang. Anda yang ingin berwisata ke sana bisa naik kendaraan pribadi / sewa, atau juga bisa naik kendaraan umum, sehingga cocok juga untuk para backpacker yang ingin menikmati lokasi wisata ini.

Untuk para wisatawan yang ingin naik kendaraan umum, kereta api merupakan salah satu cara terbaik yang bisa digunakan. Anda bisa memulau perjalanan dengan menuju ke stasiun kereta api Padang Pariaman. Dari stasiun tersebut, berjalanlah ke Pantai Gondoriah yang tidak jauh dari stasiun.

Nah, dari Pantai Gondoriah inilah akses menyeberang ke Pulau Kasiak. Di sana, Anda bisa mencari moda transportasi yang bisa membantu Anda menyeberang. Ada perahu kayu milik penduduk setempat yang bisa mengantar Anda dengan jumlah penumpang adalah 6 orang. Perjalanan laut dari Pantai Gondoriah ke Pulau Kasiak membutuhkan waktu kurang lebih 15 sampai 30 menit saja.

Aktivitas di Pulau Kasiak 

Jika mengunjungi objek wisata Pulau di Sumatera ini, sebenarnya ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, sekalipun tidak ada fasilitas apapun di sana. Termasuk di Pulau Kasiak Pariaman ini. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana, seperti berikut ini.

Berenang

Berenang atau snorkeling di Pulau Kasiak Pariaman ini pasti akan menjadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Anda bisa menikmati kejernihan air laut di pulau ini sambil melihat berbagai jenis terumbu karang atau biota lautan dangkal.

Jika Anda memiliki peralatan snorkeling, jangan lupa dibawa untuk bisa digunakan di pulau tersebut. Ombak di pulau ini yang cukup tenang akan membuat Anda bisa berlama-lama berenang dengan aman dan nyaman.

Melihat Penyu

Seperti yang dijelaskan di atas, di pulau ini memang ada habitat penyu, yaitu jenis belimbing dan sisik. Pulau ini adalah penangkaran alami dari penyu tersebut yang dikelola oleh Konservasi Penyu milik pemerintahan kota Pariaman. Anda bisa melihat penyu naik ke permukaan, bahkan berjalan-jalan di sekitar bibir pantai.

Piknik

Anda bisa juga piknik di pulau ini. Karena memang di pulau ini belum ada fasilitas yang cukup memadai, bawalah saja bekal makanan dari rumah. Dan ketika berada di pulau ini, bisa dinikmati bersama teman atau keluarga sambil menikmati keindahan alam yang tiada tara.

Mercusuar Pulau Kasiak

Satu hal yang menarik dari Wisata Bahari di Indonesia ini adalah keberadaan mercusuar. Seperti yang dijelaskan di atas, mercusuar ini adalah salah satu menara yang berfungsi untuk memberikan petunjuk jalan kepada para kapal yang melintas di sekitar kawasan tersebut.

Jika Anda berkunjung beberapa tahun yang lalu, mungkin masih belum diperkenankan naik ke puncak mercusuar. Akan tetapi, saat ini pengunjung sudah bisa naik ke puncak mercusuar. Tentunya dengan melewati anak tangga dan harus dengan fisik yang kuat.

Saat sudah berada di atas, maka pemandangan akan sangat indah. Lautan yang biru akan bisa dilihat dengan lebih leluasa. Demikian pula dengan beberapa pulau kecil lain yang berada di sekitar kota Pariaman.

Memancing

Pengunjung yang suka memancing juga bisa membawa alat pancing sendiri untuk mencari ikan di pulau ini. Siapa tahu, Anda bisa pulang dengan membawa hasil tangkapan ikan segar yang bisa dimasak. Atau, jika memang Anda berencana mendirikan tenda, hasil tangkapan bisa dimasak saat itu juga.

Berburu foto

Tentu ada satu hal yang bisa dilakukan di pulau ini, yaitu berburu foto. Panorama alam yang ada di pulau ini akan sangat indah jika diabadikan lewat foto. Anda juga bisa berfoto-foto di atas mercusuar pulau tersebut. Selain itu, objek wisata yang bisa dijadikan alternatif dari Pulau Weh Sabang ini tentu akan membuat Anda terpesona dan ingin mengabadikan momen terbaik.

Berkemah

Untuk kegiatan lain yang bisa dilakukan di sana adalah berkemah alias camping. Namun untuk kegiatan yang satu ini, Anda perlu meminta izin terlebih dahulu dengan penjaga pulau. Hal ini memang perlu dilakukan, karena pulau ini adalah jalur lintas penyu, dan bahkan adalah salah satu loaksi penyu untuk bertelur. Jika memang Anda tidak diperkenankan berkemah di sana, maka jangan berkemah di sana.

Itulah beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pulau Kasiak dengan teman atau keluarga. Segera persiapkan segala macam peralatan sebelum pergi ke pulau tersebut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keanekaragaman alam yang ada di pulau tersebut. Jangan merusak apapun saat berwisata di sana, apalagi sampai mengganggu ekosistem penyu.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Pulau Kasiak Pariaman yang bisa dijadikan objek wisata yang menyenangkan dan menawan di Sumatera Barat. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Source https://tempatwisataunik.com https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/sumatera-barat/pulau-kasiak-pariaman
Comments
Loading...