Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-SIKUT5.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Kasa, Destinasi Wisata Pantai Eksotis di Kab. Seram Maluku

DCIM123GOPROG1224089.
0 17

Pulau Kasa

Pulau Kasa merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di wilayah Maluku ini berlokasi di Propinsi Maluku, Kabupaten Seram bagian Barat, Kecamatan Seram Barat Piru. Pulau kosong yang tidak berpenghuni ini berhadapan dengan Desa Lokki dan Desa Kaibobu. Untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Kasa, Pemerintah kabupaten daerah tersebut telah melakukan pembangun di Pulau tersebut dan rencana nya pulau itu akan di gunakan sebagai tempat wisata bahari.

Pulau Kasa ini telah ditunjuk sebagai kawasan konservasi, yang mana daratan serta akwasan hutannya telah di tetapkan sebagai Suaka Margasatwa dan perairan di sekeliling pulau Kasa di jadikan sebagai Taman Wisata Alam laut yang di kelola oleh dinas pariwisata Kabupaten Seram Bagian Barat atau disingkat SBB. Pulau Kasa merupakan tipe perwakilan terumbu karang, hutan pantai, dan mangrove di Propinsi Maluku.

 

Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang, yang sebagian besar rusak karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, terumbu karang ini rusak karena bahan peledak dan serangan bintang laut berduri atau Acanthaster planci. Gangguan lain di Pulau Kasa ini adalah adanya pengambilan telur maleo, kerang-kerangan dan keong oleh masyarakat untuk dijual ke Ambon.

Di dalam Pulau Kasa ini terdapat kurang lebih 70 jenis ikan, dimana 11 di antara nya adalah: – Butterflyfish (Chelmon Rostratus dan Chaetodon sp.) – Parrotfish (Bolbometopon muricatum dan Scarus sp.) – Black and white snapper (Macolor niger) – Surgeonfish (Naso fageni dan N. Unicornis) – Dan lain lain Hutan Pantai Kasa juga dicirikan dengan: – Cemara laut (Casuarina equisetifolia) – Waru laut (Hibiscus tiliaetus) – Ketapang (Terminalia cattapa) Hutan Mangrove dicirikan oleh

– Bakau (Rhizopora sp) Fauna: – Burung Gosong (Megapodius Renwardtii) – Kus-kus (Phalanger sp) – Soa-soa Ambon (Hydrosaurus Amboinensis) – Biawak Maluku (Veranus Indicus) – Burung Ekor Kipas (Rhipiruda Chloris) – Pombo Biru dada putih (Ducula bicolor) – Kima Raksasa (Tridacna squamosa) – Kima China (Hippocus Porcelanus) – Triton Trompet (Cheronia Tritonis) – Koral Kuping (Echinophora sp) – Ikan Botana Biru (Acanthurus Lecusternon) – Ikan Bendera (Chetodon sp)

– Ikan Biji nagka (Zanclos Canancen). Flora: – Anggrek Bulan Ambon (Phalaenoopsis Amboninensis) – Pulai Pantai (Alstonia Scolaris) – Camar Laut (Casuarina Equisetifolia) – Bintangur (Callophyllum) – Pandan Laut (Pandanus sp) – Bakung Laut (Crinum Asiaticum) – Waru Laut (Hibiscus Filiacius) – Beringin Pantai (Ficus Benjamina). Satwa lain seperti : – Biawak ambon (Varanus indicus) – soa-soa (Hydrosaurus amboinensis) – Burung gosong (Megapodius double reinwardt Dumont).

Source https://genpimaluku.wordpress.com https://genpimaluku.wordpress.com/2017/03/03/pulau-kasa/
Comments
Loading...