Pulau Karimun Jawa Jepara

0 44

Pulau Karimun  Jawa

Pulau Karimun  Jawa merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau, hanya sekitar 5 pulau saja yang bisa dihuni dan ditempati, dengan alasan dataran yang sudah terisi manusia dan bersih, sumber daya yang cukup memenuhi masyarakat sekitar dan juga keamanan. Karena bentuknya yang berupa kepulauan, tentu saja Karimun  Jawa memberikan keindahan pemandangan laut dan pulau yang membentuk keindahan baik ketika matahari terbit atau matahari terbenam. Kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001 oleh Negara. Kepualaun ini merupakan bagian dari salah satu kecamatan di Jepara dan berjarak cukup jauh, yaitu 83 KM di bagian utara kota Jepara utama.

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Letak dan Lokasi Pulau Karimun Jawa

Bagian dari pulau Karimunjawa terdiri dari beberapa pulau atau dataran lainnya. Diantaranya : pulau Karimun Jawa yang sebesar 4.302 Hektar, Pulau Menjangan besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Genting, Pulau Menyawakan, Pulau Geleang, Pulau Seruni, Pulau Sambangan, Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, Pulau Burung dan Pulau Batu.

Total Pulau yang ada 12 Pulau dengan pulau paling kecil dengan ukuran hanya 0,5 Hektar yaitu pulau batu. Pemerintahan Karimun Jawa tentu berpusat pada pulau Karimun Jawa dengan petinggi bapak Arif Rahman, SE dan juga jajarannya. Susunan organisasi pulau Karimun Jawa masih mencampur antara susunan pemerintahan dan juga susunan dengan cara sesuai adat.

Cara menuju ke pulau Karimun Jawa pun terbilang sangat mudah. Pengunjung yang hendak ke pulau Karimun Jawa bisa melewati pelabuhan yang ada di Kabupaten Jepara ataupun menggunakan pesawat cesna dari bandara Kota Semarang.

Source karimun jepara
Comments
Loading...