Pulau Kanalo, Sinjai

0 101

Pulau Kanalo

Potensi wisata di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, tidak akan cukup hanya dengan satu halaman tulisan. Begitupula untuk “menjamahnya”, sehari-dua hari adalah waktu yang terlalu singkat. Karena jumlahnya ada Sembilan, sesuai dengan nama kecamatannya: Pulau Sembilan, maka untuk mengenal eksotisme yang dimiliki Pulau Sembilan, maka lebih bagus mengupasnya satu persatu. Kita mulai dari Pulau Kanalo, Pulau yang berada paling ujung dan berbatasan dengan garis pantai kabupaten Bone.

Ketika anda membuka peta google atau Google Maps lalu mencari Pulau Sembilan, Sinjai, maka anda akan melihat dua pulau kecil yang terhubung dengan jembatan. Kedua pulau yang terhubung dengan jembatan kayu ini adalah Kanalo I dan Kanalo II. Jembatan kayu dengan panjang sekira 500 meter ini adalah satu sisi menarik dari Pulau ini. Jembatan yang berdiri kokoh dan membelah lautan ini dirasakan betul manfaatnya oleh warga setempat. Keberadaannya membuat akses orang dan barang semakin mudah dan cepat. Padahal sebelum adanya jembatan, mereka harus mencari perahu untuk menyeberang.

Bila anda menyambangi Pulau Kanalo I, maka sempatkanlah menyisir pantai yang ada pada sisi belakang Pulau. Warga setempat menyebutnya Boko’ alias bagian belakang. Lokasinya hanya berjarak sekira 100 meter dari lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Kanalo I. Meski garis pantainya pendek, namun kita akan dimanjakan dengan kondisi pantainya yang masih alami, pasirnya yang putih dan air lautnya yang biru bening. Dibagian belakang pulau ini juga terdapat jembatan yang menjorok ke laut dan berfungsi sebagai tambatan perahu. Tempatnya masih sangat alami.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/daengenal/54f3506f745513a12b6c6f84/eksotisme-pulau-kanalo-sinjai
Comments
Loading...