Pulau Gusung : Keindahan Pulau di Kab. Penajam Paser Utara

0 103

Pulau Gusung

Pulau Gusung yang terletak di wilayah perairan Pantai Tanjung Jumlai, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata selam.

Menurut informasi, areal terumbu karang (coral reef) di perairan Pulau Gusung di sekeliling gugusan pasir muncul ketika air laut turun dan sekitar 80 persen adalah karang hidup yang langka.

Untuk menuju Pulau Gusung dapat ditempuh dengan menggunakan “speedboat” dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit atau perahu kayu (kelotok) sekitar satu jam.

Berdasarkan penelitian, di sekitar gugusan pasir Gusung tersebut ditemukan 56 jenis karang dan 47 jenis ikan hias maupun ikan konsumsi. Dari beberapa jenis ikan itu, terdapat ikan dengan nilai ekonomi tinggi dan dapat dibudidayakan untuk memperkuat ekonomi masyarakat, seperti ikan baronang, kerapu dan ikan kakap. Selain itu, juga terdapat satu jenis ikan langka dan dilindungi, yaitu ikan Napoleon.

Source https://kaltim.antaranews.com https://kaltim.antaranews.com/berita/35223/pulau-gusung-penajam-potensial-untuk-wisata-selam
Comments
Loading...