Pulau Gosong Yang Putih di Aceh Barat

0 19

Pantai Gosong

Pulau Gosong adalah salah satu tempat wisata bahari yang terletak di Sangkalan kecamatan susoh, kabupaten Aceh Barat Daya. Memiliki luas sekitar 1 hektar, dan jarak tempuh dari bibir pantai sangkalan ke Pulau Gosong hanya 10-15 menit dengan menggunakan perahu.  Keelokannya menjadikan Pulau Gosong menjadi salah satu tujuan wisata bahari yang di tahun 2015 ini banyak dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan ABDYA (Aceh Barat Daya) khususnya.

 

Bagi anda penggemar hal-hal yang berbau kekinian, akan sangat pas rasanya jika berkunjung ke Pulau Gosong, salah satu objek wisata kekinian di wilayah Aceh Barat Daya ini. Karena Pulau Gosong Aceh, merupakan objek wisata kekinian tersebut. Pada dasarnya pulau ini hanya terbentuk dari pasir yang terbawa arus kemudian tertumpuk di karang, luasnya pun hanya seluas lapangan sepakbola. Namun keindahan yang ditawarkan Pulau Gosong tidak terbantahkan lagi.

Keunikan Pulau Gosong

Pulau Gosong memiliki pasir putih yang halus, air laut yang jernih, ditambah keindahan pohon cemara dan waru, dan masih banyak lagi keindahan lainnya. Pulau Gosong memiliki pesona taman bawah laut yang indah, pasir putih yang lembut, terumbu karang yang sangat indah, ikan yang bervariasi ditambah dengan air yang sangat bening, menjadikan pulau ini semakin menarik untuk dikunjungi. Di pulau Gosong anda akan menemukan biota laut seperti kima dan ikan napoleon yang tergolong langka. Karena keindahan bawah lautnyalah Anda bisa senokeling dan diving sepuasnya. Bersentuhan langsung dengan mahluk-mahluk cantik bawah laut.

Disarankan melakukan kegiatan ini di pagi hari, karena airnya lebih jernih. Jika anda tidak ingin melakukan senokeling atau diving, anda bisa juga memancing, atau sekedar bersantai di pinggiran pantai, tak kan berkurang kepuasan yang di dapat, karena Pulau Gosong benar-benar indah. Pulau Gosong merepresentasikan keindahan pesisir laut Aceh Barat Daya yang diapit oleh panorama Bukit Barisan Pulau Sumatera. Setumpuk terumbu karang tumbuh cantik pada pulau mungil yang berada di tengah laut ini.

Terdapat sebuah pantai dengan hamparan pasir kecokelatan tersambung dengan Pantai Jilbab di sisinya menambah elok Pulau Gosong sejauh mata memandang. Pulau Gosong, pulau diantara dua pantai itu berada di antara Desa Ladang dan Desa Palak Karambil, Kecamatan Susoh, kerap dijadikan destinasi akhir pekan oleh masyarakat setempat.

Karekteristik Pulau Gosong

Merujuk dalam literatur Geografi, Pulau Pusong Abdya itu termasuk dalam ketegori Pulau Penghalang (Barrier Island), yaitu gosong pasir yang tersembul di pantai dan dipisahkan dari pantai. Pulau penghalang ini bisa berbentuk sebagai spit atau gumuk pasir yang dibentuk oleh angin atau air. Gosong sendiri berarti terumbu karang di tengah lautan yang jauh dari daratan. Umumnya gosong berada di perairan dangkal seperti yang berada di depan Dermaga Ujong Serangga.

Lokasi Pantai Gosong

Pulau Gosong hanya berjarak tak sampai 1 km dari Pantai Bali, menurut warga setempat, bisa ditempuh dengan berjalan di atas terumbu karang jika airnya surut. Namun setelah hantaman tsunami, jaraknya makin melebar.  Anda harus ke Dermaga Ujong Serangga jika ingin singgah ke pulau Gosong,yang juga disebut Pulau Pusong oleh warga setempat. Jika anda dari Banda Aceh. Pemilik boat pasang tarif antara Rp 300 – Rp 500 ribu per trip untuk jasa antar-jemput.

Dibandingkan dengan jarak dari Pantai Bali, Pulau Gosong menjadi lebih jauh bila ditempuh dari Dermaga Ujong Serangga. Dengan boat nelayan memakan waktu sekitar 20 menit, Abdya dapat ditempuh dari Banda Aceh sekitar 7 jam perjalanan darat. Perjalanan ke Susoh bisa diawali dari Kota Blangpidie, ibu kota Kabupaten Abdya.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Pulau-Gosong
Comments
Loading...