Pulau Gangga : Surga Bawah Laut yang Eksotis di Minahasa Utara

0 28

Pulau Gangga

Pulau Gangga terletak di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar 12 kilometer dari kota Manado. Ada dua desa yang mendiami pulau ini; Desa Gangga I dan Gangga II. Pulau Gangga menawarkan keindahan alam yang masih terjaga dan asli. Sebagian besar orang di pulau ini adalah nelayan dan mereka juga menjaga keindahan pulau.

Pulau Gangga memang tidak sepopuler Pulau Bunaken, tetapi keindahan bawah laut yang ditawarkan tidak kalah dengan yang ada di Pulau Bunaken. Oleh karena itu, Pulau Gangga ramai dikunjugi penyelam dari berbagai negara.  Kekayaan kehidupan laut sangat bervariasi. Terumbu karang berwarna-warni dan terdapat berbagai jenis ikan semakin menambah pesona pulau ini.

Pantai di pulau Gangga memiliki pasir putih dan air laut yang biru jernih sementara lautnya cukup tenang. Di sepanjang pantai akan tampak deretan hijau nyiur pohon kelapa yang  melambai-lambai ditiup angin seolah-olah siap menyambut pengunjung. Selain itu, Pulau Gangga juga memiliki panorama matahari terbit dan terbenam yang tidak boleh dilewatkan.

Di pulau ini, selain snorkeling atau diving, para pengunjung juga diperbolehkan untuk memancing.Di pulau ini, Anda bisa mendapatkan beberapa akomodasi seperti resor atau bungalow dengan teras yang menghadap langsung ke laut. Beberapa penginapan bahkan menyediakan fasilitas AC, minibar, dan kamar mandi yang telah dilengkapi dengan shower. Beberapa restoran juga tersedia di sekitar Pulau.

Tips Berwisata di Pulau Gangga

  1. Sebaiknya berangkat dari Manado pada pagi hari supaya bisa menjelajahi lebih lama dan kembali pada sore hari
  2. Perhatikan jadwal keberangkatan speed boat karena tidak tersedia setiap saat

Aktifitas di Pulau Gangga

Aktifitas yang umum dilakukan di Pulau Gangga adalah diving dan snorkeling. Selain itu, banyak juga wisatawan berjalan kaki di sepanjang pantai pasir putih sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Bagi Anda yang hobbi memancing, Pulau Gangga merupakan lokasi yang tepat untuk memancing karena lautnya yang cukup tenang dan sangat banyak ikan yang siap menyambar umpan Anda.

Untuk menambah wawasan, Anda dapat berkomunikasi dan berbaur dengan masyarakat setempat. Masyarakat setempat sangat  terbuka dan ramah terhadap pengunjung. Kehidupan masyarakat di Pulau Gangga cukup sederhana dan sangat harmonis dan menyenangkan. Anda dapat melihat aktifitas sehari-hari masyarakat yang pada umumnya bekerja sebagai nelayan. Penginapan Apabila Anda ingin bermalam di Pulau Gangga, Anda dapat menginap di Gangga Island Resort & Spa.

Akses Menuju ke Pulau Gangga

Kota terdekat untuk menuju lokasi pulau ini adalah melalui kota Manado. Ada banyak maskapai penerbangan yang menawarkan rute ke Manado dan transportasi umum yang akan mengantarmu ke lokasi. Dari Manado, Anda bisa langsung ke Likupang. Perjalanan bisa menggunakan bus mini atau kendaraan pribadi. Dari Likupang, kita langsung menuju Pasar Likupang atau Pasar Likupang.

Dari daerah ini, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat atau perahu kayu dengan biaya sewa sekitar Rp.15.000 per orang. Waktu tempuh dari Pasar Likupang ke Pulau Gangga sekitar 40 menit. Setiap kapal yang berangkat dari Pasar Likupang memiliki jadwal waktu yang berbeda. Jika ingin lebih cepat ke tempat tujuan, perahu bisa disewa dengan biaya lebih mahal, tergantung jarak tempuh atau lokasi tujuan.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/diving/pulau-gangga-di-minahasa-utara-pulau-dengan-keindahan-bawah-laut-yang-eksotis
Comments
Loading...