Pulau Cawan, Potensi Wisata Mangrove Indragiri Hilir

0 196

Pulau Cawan

Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir, menjadi kawasan mangrove atau hutan bakau terbesar di Provinsi Riau. Pemkab Indragiri Hilir sendiri sudah menempatkan Pulau Cawan menjadi kawasan taman hutan rakyat (tahura), agar upaya pelestarian dan menjadikannya sebagai objek wisata alam bakau kedepan lebih pasti.

Pulau Cawan kini miliki pohon bakau species Rizopora Apikulata berdiameter 40 centimeter,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Inhil Haryono Karim, seperti dilansir Antara, Selasa di Tembilahan. Menurut Haryono Karim, 60 persen bakau di Pulau Cawan masih terdapat pohon besar dan beberapa jenis diantaranya tidak terdapat di daerah lain.

Ditambahkannya, hamparan bakau dibibir pantai berlumpur ini menjadi keuntungan tersendiri bagi biota Pulau Cawan. Pasalnya, lumpur yang tebal di kawasan bakau saat terjadi pasang surut menjadi sumber bahan makanan bagi aneka jenis spesies laut seperti kerang, udang, aneka ikan langka termasuk pesut. “Disini bersarang pesut, ikan Senonggang yang beratnya mencapai enam kilogram per ekor lalu ada Pari hingga berukuran lima belas kilogram,” jelasnya.

Terjaganya bakau di daerah ini, lanjutnya, terkait adanya ikatan aturan yang disepakati kalangan masyarakat dan pemuka setempat. Larangan tersebut diantaranya penebangan pohon untuk komersil, kecuali untuk kepentingan tiang bangunan rumah dan titian jalan yang hanya juga diatur hanya boleh menggunakan bakau yang sudah tumbang atau patah dan mati. “Makanya disini banyak terdapat usia bakau sudah ratusan tahun karena komitmen bersama untuk melestarikannya,” tuturnya.

Saat ini, Pulau Cawan yang didiami penduduk hanya puluhan Kepala Keluarga ini merupakan salah satu paru-paru bakau tertua di Inhil dengan dua spesies terbanyak Rizopora Apikulata dan Rizopora Mukronata. Sementara itu, Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, menyebut luas hutan bakau Pulau Cawan saat ini sekitar seribu hektare. Dengan kondisi hutan yang masih cukup baik, Wardan tidak menampik kedepannya Pemkab setempat akan merancang kawasan ini untuk dijadikan pengembangan ekowisata. “Kami nantinya akan sediakan banana boat, akan dilengkapi dengan sarana olahraga dan lainnya, kita juga upayakan untuk mempertahankan mangrove bakau,” katanya.

Source http://portalgreenradio.com http://portalgreenradio.com/j-page/345-pulau-cawan-potensi-wisata-mangrove-inhil
Comments
Loading...