Pulau Burung Loe Sinjai

0 68

Pulau Burung Loe Sinjai

Sunset atau matahari terbenam selalu menjadi momen yang dicari untuk dijadikan latar saat kita berfoto. Baik itu di pantai, di perbukitan, di pulau, atau di sejumlah destinasi wisata alam. Selain memberi warna dan nuansa yang khas, berswafoto dengan latar sunset di sebuah destinasi alam juga memberi keindahan dan pengalaman tersendiri.

Nah, di Kabupaten Sinjai, salah satu tempat reccomended yang asyik dan keren untuk menemukan sunset sebagai latar dalam beswafoto yaitu di Pulau Burungloe, Desa Buhung Pitue, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi selatan. Pulau ini cukup favorit dijadikan pilihan warga setempat maupun wisatawan lokal sebagai destinasi wisata sekaligus memotret sunset yang sempurna.

 

Jika cuaca cerah, pengunjung bahkan bisa memotret separuh daratan Sulawesi Selatan berupa daratan Sinjai, Bone, pengunungan Lompobattang, Tanjung Kajang Bulukumba, dan pegunungan di Malino Kabupaten Gowa. Selain sunset, momen sunrise atau matahari terbit pun bisa disaksikan dari pulau ini yang muncul dari arah Teluk Bone.

Pulau Burung Loe adalah satu-satunya pulau di Kecamatan Pulau Sembilan yang memiliki dataran tertinggi (gunung) dibanding gugusan pulau lainnya. Sejumlah perahu nelayan yang tersebar dan melintas di hamparan permukaan lautan pun menjadi pemandangan menarik yang memuaskan mata.

Tak  menelan waktu banyak jika ingin menyambangi pulau ini. Jaraknya yang hanya sekitar 20 kilometer dari daratan Sinjai bisa ditempuh dengan waktu 20 menit saja dengan speed boat atau perahu bermesin cepat. Sedangkan jika menggunakan kapal rakyat (transportasi umum) bisa menelan waktu tempuh satu jam melalui Pelabuhan Cappa Ujung Sinjai.

Akses ke Pulau

Selain itu terdapat sejumlah pelabuhan yang bisa menjadi titik akse smenuju Pulau Burung Loe yaitu melalui Pelabuhan Larea-rea, Kecamatan Sinjai Utara, Pelabuhan Tongke-tongke, Passaahakue, Desa Sanjai, Pelabuhan Kassi Kajang, atau dari Pelabuhan Kajuara di Kabupaten Bone. Biaya menggunakan perahu umum atau kapal rakyat dari pelabuhan yang ada di Sinjai ke pulau tersebut sekitar Rp 15 ribu per penumpang sedangkan jika menggunakan speed boat tarifnya sekitar Rp 300 ribu.

Mitos 7 ‘Sumur Jodoh’

Di Pulau Burungloe terdapat tujuh sumur yang kerap menjadi destinasi kunjungan wisatawan. Mitos yang berkembang, sumur tersebut kerap dikunjungi orang yang masih jomblo alias belum memiliki pasangan. Bahkan, ada cerita jika seorang lelaki terjatuh di sekitar sumur tersebut maka jodohnya berada di Kabupaten Sinjai.

Source http://makassar.tribunnews.com http://makassar.tribunnews.com/2018/09/25/pulau-burung-loe-sinjai-yang-menyajikan-latar-alami-sunset-dan-sunrise?page=2
Comments
Loading...