Pulau Bulupoloe : Keindahan Alam di Kabupaten Luwu Timur

0 98

Pulau Bulupoloe

Pulau Bulupoloe terletak di teluk Bone akan tetapi termasuk dalam wilayah Kabupaten Luwu Timur. Wisata ini terletak di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Pulau Bulupoloe diambil dari bahasa Bugis yang berarti gunung yang terpotong atau gunung yang tepisah.

Konon, dikatakan Bulupoloe dikarenakan patahan gunung yang terbelah dua akibat tertimpa pohon Walenreng yang tumbang. Kayu pohon Walenreng yang tumbang itulah yang kemudian digunakan untuk membuat kapal milik Sawerigading (Putra Raja Luwu) saat hendak ingin menemui kekasihnya yang berasal dari Negeri China.  Keunikan dari pulau ini yaitu keindahan alam pegunungan yang menyatu dengan keasrian baharinya. Ini terlihat ketika Anda sampai di pulau Bulupoloe, Anda akan dimanjakan oleh pasir putih yang mengitari pinggiran pulau.

Bukan hanya itu, air lautnya yang jernih dihiasi aneka ragam terumbu karang yang memanjakan mata dan juga ikan-ikan yang berwarna-warni maupun biota laut lainnya sehingga cocok bagi Anda yang suka diving. Jika Anda berniat untuk diving Anda harus menggunakan katinting ke daerah karang tiga, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi diving.

Namun, jika Anda lebih suka menikmati keindahan pulau Anda juga dapat jalan-jalan di sekitar pulau. Terdapat sumber air tawar di kaki gunung dan di puncak pegunungan Bulupoloe Anda akan melihat hamparan pantai yang mengelilingi pulau, tempat ini tentu saja sangat cocok untuk berselfie.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini dari Makassar ke Malili menggunakan bus dengan biaya sekitar Rp. 250 ribu sekitar 12 jam. Jika Anda dari Palopo menuju Malili membutuhkan biaya Rp. 50 ribu. Sesampai di Malili Anda menuju pelabuhan Balantang untuk menyewa perahu menuju pulau Bulupoloe.

Source http://medialingkungan.com http://medialingkungan.com/index.php/news/ekowista-traveling/mengenal-keindahan-pulau-bulu-poloe-luwu-timur
Comments
Loading...