Warning: unlink(/tmp/2169e68b37a021d01fde28340fe0f031-NxPOso.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pulau Belanding Lingga

0 100

Pulau Belanding

Pulau Belanding tepatnya dapat dikunjungi di Selat Laboh, Desa Pena’ah, Kecamatan Senayang, Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau ini memiliki luas area sebesar 1000 m2 dan terdapat pulau – pulau kecil di sekelilingnya yang menambah keindahan pulau itu sendiri. Simak pembahasan selengkapnya mengenai keindahan dan pesona pulau ini pada ulasan berikut. Pulau ini layak dijuluki sebagai surga dunia yang berasal dari Lingga, Riau. Karena Anda tidak akan habis – habisnya menemukan berbagai keindahan yang dapat dinikmati oleh mata.  

Belum lagi penduduk setempat yang ramah dan sangat menyambut kedatangan wisatawan yang sangat mendukung sekaligus melengkapi keindahan pulau. Kemudian, Anda juga dapat menikmati keindahan pemandangan barisan bukit yang berwarna hijau di pulau tersebut. Sungguh sangat banyak sekali keindahan yang bisa Anda lihat dengan mata dan rasanya tidak akan cukup jika diceritakan. Pulau ini yang bahkan sampai saat ini masih menjadi tempat wisata yang sebetulnya belum resmi, hanya karena keindahannya yang menyihir pandangan mata, maka banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung dan menjelajahi pulau.

Fasilitas di Pulau Belanding

Tidak banyak fasilitas atau sarana umum yang bisa Anda dapatkan di pulau ini. Selain karena letaknya yang berada agak jauh dari pusat kota, tempat yang belum resmi menjadi objek wisata menyebabkan ketiadaan fasilitas pendukung tersebut. Namun, jangan cemas karena Anda tidak akan merasa seperti di negara antah berantah tanpa kesiapan apapun untuk bertahan hidup.

Tempat ini bahkan dihuni oleh beberapa penduduk setempat yang setia sekaligus menjadi pengelola pulau secara sukarela. Bila Anda membutuhkan pendamping selama melakukan perjalanan pun, jangan sungkan atau ragu – ragu meminta bantuan kepada penduduk setempat. Mereka akan dengan senang hati membantu dan mendampingi Anda melihat – lihat keindahan sekaligus menceritakan kisah menarik yang mungkin pernah mereka alami di tempat – tempat tersebut.

Daya Tarik di Pulau Belanding

Pulau Belanding itu sendiri menyimpan banyak keindahan yang dapat diabadikan dalam bentuk gambar di kamera Anda. Tentunya keindahan ini akan membawa Anda pada kenangan – kenangan saat sudah pulang selama Anda berada di pulau. Hamparan laut yang luas dan berwarna biru jernih, potret penduduk sekitar yang ramah dan menyambut pengunjung, bahkan ekosistem lautnya pun tidak kalah indah. Akan tetapi, tentu Anda harus mempersiapkan kamera anti air untuk bisa mendapatkan gambar – gambar pemandangan di bawah laut.

Keindahan Pulau Belanding

Berbagai macam aktivitas dapat dilakukan untuk menikmati keindahan pulau ini. Entah itu bermain di laut, berjalan – jalan sembari melihat – lihat keindahan di area sekitar pulau, atau bahkan mendirikan camp. Hal yang terakhir dapat Anda lakukan dengan mengajak teman – teman sepermainan Anda untuk ikut berlibur dan menikmati keindahan pulau di tempat tersebut. Pasti akan jauh berbeda rasanya sekaligus menyenangkan mendirikan camp di alam yang terasa nuansa khas Riau.

Akses Menuju Pulau Belanding

Tidak sulit untuk bisa sampai di pulau ini. Anda hanya tinggal menuju pelabuhan besar yang ada di Riau dan menyewa kapal kecil yang menuju ke arah pulau tersebut dan biasanya sudah berbaris menunggu penumpang. Kurang lebih akan memakan waktu perjalanan selama 30 menit dan Anda sudah bisa sampai sekaligus terpesona dengan keindahan pulau.

Tips Berwisata ke Pulau Belanding

Selain bersantai untuk menikmati waktu liburan sekaligus memandangi keindahan atau pesona pulau, ada banyak sekali kegiatan bermanfaat lainnya yang dapat Anda lakukan dan tentunya dapat menambah pengalaman serta kenalan Anda. Setiap bulannya, pulau ini memiliki agenda rutin untuk kerja bakti secara gotong royong membersihkan, memperindah, serta merawat apa – apa saja yang terdapat di Pulau Belanding. 

Hal ini ditujukan agar pulau tidak menjadi kumuh dan pada akhirnya tidak menarik lagi untuk dikunjungi. Selain itu, masyarakat setempat berpendapat pulau ini sangat sayang bila tidak dirawat. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak sangat lama dan terus dilakukan bahkan menjadi agenda wajib yang rutin. Para pendatang atau pengunjung juga diperbolehkan untuk ikut serta secara bersama – sama merawat keindahan pulau.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Pulau-Belanding
Comments
Loading...