Pulau Battoa, Polewai Mandar

0 40

Pulau Battoa

Pulau Battoa ini berada di Tonyaman, Polewai Mandar. Dari luar, pulau ini mungkin hanya pulau berpenghuni yang terlihat biasa. Namun, bagi saya yang pertama kali mengunjungi dan menikmati secara langsung keindahan luar-dalam pulau yang di namai dengan sebutan Pulau Battoa atau pulau yang besar komentar saya pulau ini luar biasa.

Memang pulau ini adalah yang paling besar di antara beberapa pulau yang ada dan terbentang di atas laut Polewali Mandar.  Pulau ini saya kunjungi dalam undangan trip dari Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (Kompa Dansa Mandar) dalam kegiatan “Jelajah Gugus Pulau Tonyaman” pada tanggal 26 Desember 2016.

Pulau Battoa punya sebuah dermaga yang menjadi tempat berlabuh, dan keadaannya saat ini masih sangat baik, jika Anda pernah berkunjung kesini, sempatkanlah berfoto di tempat ini, sangat direkomendasikan untuk mendapatkan foto khas pulau Battoa. Pulau Battoa banyak berkesan buat saya, mulai dari masyarakatnya yang ramah, infrastruktur yang cukup memadai, fasilitas listrik dan air yang terus disuplai dari daratan Polewali.

Adapun fasilitas yang sempat saya lintasi dan lihat secara langsung, adalah fasilitas PAUD  (Pendidikan Anak Usia Dini) dan masjid sebagai tempat ibadah. Setidaknya ada 3 buah masjid di pulau yang padat penduduk ini. Apa yang menjadi nilai tambah kebahagiaan tersendiri bagi adalah ketika melihat keceriaan anak-anak Pulau Battoa bermain dengan riangnya.

Berkunjung ke Pulau Battoa (Pulo Battoa), tidak lengkap rasanya jika belum mengeksplor luas pulau ini, baik dari segi infrastruktur sampai kepada sumber daya manusia nya. Salah satunya adalah melihat secara langsung proses pembuatan “Pupuq”, makanan tradisional suku Mandar yang terbuat dari kelapa dan ikan sebagai bahan utamanya. Pupuq dicetak berbentuk segitiga, lalu di goreng hingga berwarna kecoklatan.

Lauk gurih ini dibuat langsung oleh tangan-tangan mandiri ibu-ibu yang menetap di pulau ini. Bisa di katakan, Pulau Battoa adalah salah satu sentra pembuatan Pupuq terbesar yang ada di Polewali Mandar, menurut informasi, pupuq dari Pulau ini menyuplai kebutuhan utama di pasar Pekkabata Polewali. Selain itu, jamuan dari warga pulau Battoa adalah hal yang tidak bisa saya lupakan, komplit dengan senyum, keramahan warga dan ragam kulinernya yang lezat.

Saya menyempatkan diri menyantap menu makanan dengan menu kerang, ikan karang, dan ikan segar dari laut bersama salah satu keluarga nelayan di pulau ini.  Begitu secuil keindahan Pulau Battoa yang saya rasakan. Meski belum sempat menjelajahi semua keindahannya. Sebuah kesyukuran sudah bisa mengunjungi Pulau yang indah ini.

Source http://kompadansamandar.blogspot.com http://kompadansamandar.blogspot.com/2016/12/pulau-battoa-secuil-keindahan-tonyaman.html
Comments
Loading...