Pulau Batila, Surga Tersembunyi di Boalemo

0 45

Pulau Batila

Pulau Batila sebenarnya merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di Teluk Tomini. Tepatnya masuk dalam wilayah Desa Panta di Kecamatan Paguat yang berbatasan dengan Kabupaten Boalemo dengan Kabupaten Pohuwato. Taman Laut Pulau Batila memiliki terumbu karang yang indah dan biota laut beragam. Selain itu dengan lokasi yang tidaklah terlalu luas pulau ini masih mempunyai banyak potensi lainnya, yakni pantai dengan hamparan pasir putih yang membentang disepanjang bibir pantai.

Kedalaman laut di Pulau Bitila ini hanya sekitar 60cm saja, sehingga memungkinkan pengunjung untuk melakukan aktifitas snorkeling sambil menikmati kejernihan air di Pulau Bitila ini. Keindahan Taman Laut Pulau Bitila dua kali melebihi keindahan Taman Laut Bunaken. Sehingga untuk mengoptimalkan potensi wisata yang ada, pemerintah daerah Boalemo mengutamakan pulau Batila sebagai obyek wisata bahari hingga pulau ini tak berpenghuni.

Untuk sampai ke tempat ini kita terlebih dahulu harus menuju Pantai Botuhuwato yang terletak di Desa Kramat, Kecamatan Mananggu. Di perkirakan jarak antara Kota Gorontalo dengan Desa Kramat sekitar 140 km, dengan menggunakan motor ataupun mobil dari Kota Gorontalo perjalanan akan memakan waktu sekitar tiga jam. Setelah tiba di Desa Kramat, kita akan melanjutkan perjalanan dengan menaiki perahu nelayan untuk ke Pulau Bitila dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Aktifitas yang dapat dilakukan di Pulau Bitila : 

– Snorkeling dan diving :
menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut asli Pulau Bitila, diharapkan anda memembawa peralatan snorkeling sendiri mengingat belum adanya fasiltas penyediaan peralatan snorkeling. Yang memiliki hoby fotografi bawah laut pastinya di sini adalah tempat yang cocok untuk memotret seluruh keindahan alam bawah laut Bitila. Selain itu kalian dapat berjemur serta berenang di pantai yang cantik ini.

fasilitas akomodasi atau jasa penginapan di pulau ini, mengingat pulau ini tidak berpenghuni. Sehingga untuk fasilitas akomodasi yang terdekat hanya terdapat fasilitas pondok-pondok penginapan dan home stay yang berada di Desa Kramat yang disewakan oleh para penduduk sekitar. Untuk hotel sendiri terdapat di Daerah Pohwato, seperti :

Hotel Irene, berlokasi di Jl. Trans Sulawesi, Desa Buntulia Jaya. Harga mulai dari Rp 400.000,-
anda sudah bisa mendapatkan fasilitas seperti:
– 2 singlebed
– kamar mandi
– Telavisi
– AC
– WIFI

Hotel Grand Permai, berlokasi di Jl. Trans Sulawesi, Desa Palopo. Harga mulai dari Rp 250.000,-
anda dapat menikmati fasilitas meliputi :
– kamar yang luas
– AC
– Televisi
– WIFI

Hotel Pohuwato Indah, berlokasi di Jl. Trans Sulawesi, Desa Marisa Selatan, Kec. Marisa. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 200.000,-

Ataupun jika kalian ingin tinggal di Pulau Bitila, kalian bisa berkemah di pulau ini dengan catatan kalian harus mempersiapkan segala peralatan dan perlengkapan berkemah, mualai dari tenda, peralatan masak, pakaian, makanan, minuman, dll.

Source http://bryanpratama2.blogspot.com http://bryanpratama2.blogspot.com/2017/11/taman-laut-pulau-batila.html
Comments
Loading...