Pulau Batee Aceh Besar atau Pulau Pribadi : Tempat Wisata Favorit Terbaru di Aceh

0 108

Pulau Batee

Pulau Batee ini merupakan bagian dari Kabupaten Aceh Besar dan menawarkan suasana yang murni dan nuansa yang nyaman bagi wisatawan. Batee dalam bahasa lokal berarti Batu. Nama ini terinspirasi oleh batu nisan bersejarah dan indah yang dibuat oleh seniman lokal terkenal selama era kerajaan kuno. Batu ini juga mengungkapkan bahwa pulau milik orang tertentu saat itu. Namun, saat ini, sudah menjadi tujuan yang baik untuk menikmati liburan damai baik sendiri atau dengan keluarga. Lokasinya adalah pulau paling timur di Sumatera dan berada di Pulau Nasi dan Bunta di Indonesia.

 

Lingkungan Sekitar

Tidak ada penduduk lokal yang terlihat di Pulau Batee dan itu berarti tidak ada yang tinggal di sana. Tak heran, nuansa yang cukup tenang dan alamnya masih alami. Dari segi ukuran, pulau ini memiliki luas sekitar 70-100 hektare. Menurut Masyarakat Aceh, pulau itu milik Teuku Teungoh Meuraxa namun ia mewarisinya kepada penduduk setempat untuk menjadi salah satu daya tarik Provinsi Aceh. Menampilkan pantai yang indah dan pepohonan yang rimbun, pulau ini pasti menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan panjang.

Menjelajahi Pulau Batee

Begitu wisatawan tiba di Pulau Batee, mereka mungkin hanya melihat daya tarik alam yang mempesona. Tidak ada bangunan permanen yang terlihat di lokasi, sehingga pengunjung akan merasa diremajakan dengan alam. Mungkin tempat terbaik untuk dijelajahi adalah pantai, dimana mereka bisa melihat sarang penyu. Jika mereka datang pada waktu yang tepat, mereka bahkan bisa menyaksikan proses persarangan! Selain kura-kura, wisatawan dapat menemukan makhluk liar lainnya yang tinggal di hutan termasuk burung lokal, babi hutan, monyet, dan lain-lain. Hal ini menjelaskan mengapa pemerintah menganggap pulau ini sebagai cagar alam dan tempat wisata potensial di Provinsi Aceh.

Selain dari pantai berpasir putih, Pulau Batee juga terkenal dengan padang rumputnya yang memiliki pemandangan laut. Pantai ini adalah tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi, sebenarnya. Selanjutnya, Anda harus pergi ke tempat memancing dan menikmati aktivitas memancing karena di sekitar Pulau Batee masih banyak ikan. Anda bahkan bisa menangkap gurita kecil dan lobster disana! Satu hal, pastikan untuk membawa air kemasan dan pancing. Pasalnya, tidak ada penjual makanan dan fasilitas lain yang tersedia disana. Berkeliling pulau ini memang melelahkan, jadi Anda perlu menyiapkan persediaan sebelum menuju ke pulau.

Akses Menuju Pulau Batee

Dari Kota Banda Aceh, traveller harus pergi ke Kabupaten Aceh Besar terlebih dahulu. Jaraknya 31 km jadi butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai kesana. Selanjutnya, mereka perlu menuju Pelabuhan Ulee Lheu dan menyewa kapal untuk menyeberang ke Pulau Batee. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai Pulau Batee.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/pulau-batee-aceh-besar-atau-pulau-pribadi-tempat-wisata-favorit-terbaru-di-aceh
Comments
Loading...