Pulau Batang Kolong, di Kabupaten Ngada

AppleMark
0 90

Pulau Batang Kolong

Taman Riung terletak di Kecamatan Riung, meliputi lima Desa Sambinasi, Nangamese, Benteng Tengah, Tido dan Lengkosambi. Selain petualangan laut yang bisa didapat, di darat juga terdapat hutan untuk ditelusuri, dihuni oleh spesies eksotis seperti rusa Timor,  Biawak Mbou – jenis yang lebih kecil dari Komodo. Ada jugaberbagai macam burung langka yang membuat ini tempat yang bagus untuk mengamati burung.

Di sini Anda akan melihat elang, bluwok, bangau putih, burung beo, cuckoos, bangau hitam dan kelelawar, dan parkit berdada kuning. Pada tahun 1995, Ngada di Kabupaten Ngada, berada di daftar UNESCO sebagai warisan budaya dunia tentatif karena masyarakat yang unik dan khas. Di sini Anda tidak akan berhenti ‘kagum’ dengan perubahan tegangan tempat wisata alam yang akan terlihat di antara pulau-pulau. Salah satunya adalah Taman Laut 17 Pulau Riung yang luar biasa.

Untuk mencapai tujuan ini kita harus naik di atas bukit dan sempit, jalan berliku; perjalanan yang mungkin agak menakutkan bagi sebagian orang. Tapi jumlah pengunjung benar-benar berkomentar, bahwa jalan sempit dan berliku di sepanjang tepi jurang hanya sampai ke Riung, setengah petualangan. Namun, apa yang menunggu di ujung perjalanan adalah keindahan yang akan memukau siapa pun, dan membuat perjalanan layak menantang naik ke sana. Dalam salah satu bagian dari perjalanan ke Riung,sekitar kota Bajawa, Anda akan melihat hamparan hijau yang besar, tundra tertutup bukit, di mana tersebar pohon palem tunggal muncul seperti lilin di kue ulang tahun.

Untuk sebagian besar, Riung masih cukup tersembunyi dari keramaian wisatawan, sebagian karena lokasinya yang terpencil dan perjalanan yang menantang untuk mencapai tujuan ini. Anda sering akan melihat turis berjalan bertelanjang dada melalui kota kecil ini, menikmati matahari dan ketenangan dari semua itu. Selain memiliki salah satu yang terbaik di Taman Laut Flores, juga sangat santai, tanpa terburu-buru suasana. Tapi keramahan penduduk membantu untuk menciptakan kedamaian, lingkungan seperti suasana untuk liburan yang tenang, sangat berbeda dari tujuan wisata yang lebih terkenal dan lebih sering dikunjungi seperti Jakarta, Surabaya, atau bahkan Bali.

Akses Mencapai Lokasi

Bandara terdekat ke Riung adalah Bandara Maumere. Ada penerbangan yang beroperasi dari Jakarta, Surabaya, atau Bali ke Maumere. Dari Denpasar ada penerbangan setiap hari ke Maumere terbang dengan Lion Air. Penerbangan dari Denpasar ke Maumere adalah sekitar 2 jam. Penerbangan dari Jakarta atau Surabaya ke Maumere biasanya memiliki koneksi baik di Denpasar atau Kupang.

Ada juga penerbangan dari Bali ke kota Ende. Dari Ende ke Riung dengan mobil memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Dari Maumere Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bus atau mobil sewaan ke Bajawa dan kemudian ke Riung. Penyewaan mobil tersedia di Maumere. Untuk mencapai Riung dari Bajawa, itu adalah sekitar 72 kilometer dan memakan waktu sekitar 4 jam dengan mobil. Transportasi umum juga tersedia di Bajawa. Salah satu layanan Gemini dua kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Menyewa kendaraan mungkin menjadi alternatif terbaik untuk sampai ke Riung. Bepergian sendirian tidak disarankan jika Anda baru pertama kali ke Riung, karena jalan agak sulit untuk  dan mudah untuk tersesat.

Aktfitas di Pulau Batang Kolong 

Setelah melewati perjalanan panjang, berkelok-kelok, jalan-jalan sempit, Anda akan tiba di Riung dan menyaksikan keindahan yang sulit ditemukan, Taman Laut 17 Pulau Riung menakjubkan. Daerah ini indah, baik di atas permukaan laut yang bersih, pasir putih, air jernih dan terumbu karang yang berwarna-warni.  Air begitu jelas, membuat berenang, snorkeling, dan menyelam membuat pengalaman menjadi semakin mengesankan. Untuk penggemar fotografi, ini adalah lokasi yang sangat baik untuk menangkap keindahan bawah permukaan laut. Karena air sangat jernih, fotografi bawah air dapat menjadi luar biasa.

Anda juga dapat mengambil perahu atau speedboat dengan dasar fiberglass untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang beragam dan berwarna-warni dari permukaan. Ini juga merupakan situs menyelam yang mengesankan karena ada berbagai macam makhluk laut dan terumbu karang untuk ditelusuri. Berikut ini adalah ikhtisar dari beberapa pulau besar dari Taman Laut17Pulau Riung di Kabupaten Ngada Flores.

Pulau Batang Kolong merupakan yang paling populer dikunjungi oleh penyelam untuk mencari hewan yang dijuluki ‘mawar laut ‘ yang eksotis, organisme yang unik menyerupai bentuk dan warna bunga mawar. Lapisan demi lapisan  rambut merah berlabuh ke batu berdenyut dengan irama arus bawah laut di kedalaman 10 meter. Ini bunga laut memiliki penampilan merah menyala dan oranye terang, melambaikan kelopak panjang. Bahkan, ‘mawar laut’ adalah kumpulan telur merah kelinci laut raksasa (Hexabranchus sanguineus), tumbuh dengan ukuran 30 centimeters.Telur terikat oleh lendir dan mengambang seperti bunga ditiup angin. Sebuah jenis spons tertentu juga menarik kura-kura besar.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/diving/taman-laut-17-pulau-riung-petualangan-sempurna-yang-tidak-tertandingi-
Comments
Loading...