Pulau Banda Neira, Maluku Tengah

0 67

Pulau Banda Neira

Pulau Banda Neira merupakan salah satu destinasi kekayaan alam yang gaung pesonanya telah mengangkasa hingga ke mancanegara. Namun aksesibilitas yang masih terbatas, membuat kita seringkali mesti menyiasati cara menuju Banda Neira. Perihal transportasi dan kendala-kendala lain seputar akses menuju ke sana, masih menjadi pekerjaan rumah bersama.

Menjadi keniscayaan bagi kita yang hendak ke Pulau Banda Neira untuk memelajari lebih dahulu rute-rute tersebut.  Panduan menuju Pulau Banda Neira yang pertama perlu Kamu lakukan, tentu saja mengecek transportasi yang disediakan. Cek segala ketersediaan dan cek kembali ketika hendak berangkat, karena terkadang jadwal bisa mengalami perubahan.

Ambon menjadi gerbang menuju Banda Neira yang mesti Kamu lalui. Jadi Kamu memersiapkan diri dengan mengambil jadwal keberangkatan dari kota Kamu menuju ke Ambon, ibu kota Provinsi Maluku. Setelah sampai Ambon, barulah Kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Banda Neira dengan moda trasnportasi yang lain. Biasanya, untuk mencapai Ambon, rata-rata penerbangan melakukan transit di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menempuh penyeberangan panjang

Setelah sampai di Ambon, panduan menuju Pulau Banda Neira selanjutnya adalah melakukan penyeberangan. Diketahui bahwa Pulau Banda Neira merupakan salah satu pulau di Kepulauan Banda, Maluku Tengah. Pulau ini juga menjadi pulau paling ramai dengan pusat administratif dan juga berlabuh moda transportasi massal seperti pesawat dan kapal laut.

Beberapa alternatif bisa Kamu pilih dalam menyeberang. Ada tiga pilihan moda transportasi menyeberang sebagai cara menuju Banda Neira, yakni menumpang kapal cepat, menumpang Kapal Pelni, atau menumpang kapal perintis. Bila Kamu memilih menumpang kapal cepat, akan ada Express Bahari dari Pelabuhan Tulehu yang berjarak satu jam berkendara dari pusat Kota Ambon.

Kamu haru setia mengecek jadwal kapal cepat Express Bahari yang tersedia. Express Bahari dari Pelabuhan Tulehu menuju Banda Neira, biasanya jadwal pada hari Selasa dan Sabtu pukul 09.00 WIT. Namun hal ini bisa berubah sewaktu-waktu. Sedangkan dari Banda Neira menuju Pelabuhan Tulehu adalah Rabu dan Minggu pukul 09.00 WIT. Perjalanan ditempuh dalam enam sampai tujuh jam. Harga tiket kelas biasa Rp 410.000 dan VIP 650.000. Tiket dapat langsung dibeli pada hari keberangkatan di loket pelabuhan. Kapal ini dapat menampung sekitar 300 penumpang.

Alternatif menumpang kapal menuju pulau idaman

Setelah mengetahui panduan menuju Pulau Banda Neira dan menyeberang dengan menumpang kapal cepat, ada dua lagi pilihan bagi Kamu untuk segera sampai ke pulau idaman. Alternatif kedua ialah menumpang Kapal Pelni, seperti Kapal Nggapulu atau Kapal Leuser.

Umumnya jadwal keberangkatan Kapal Pelni baru beredar satu bulan sebelum keberangkatan kapal. Harga kelas ekonomi dari Ambon menuju Banda Neira dengan Kapal Leuser dihargai Rp 105.000 per orang dan perjalanan ditempuh dalam 10-12 jam perjalanan.

Penumpang mendapat jatah sarapan dan makan siang. Disarankan pula bagi Kamu agar jangan mengharapakan fasilitas maksimal jika menggunakan pilihan transportasi Kapal Pelni di kelas ekonomi. Selain Kapal Pelni, ada lagi satu kapal yang bisa kamu tumpangi untuk berlayar menuju Pulau Banda Neira, yakni dengan menggunakan pesawat perintis.

Namun demikian pesawat hanya dapat menampung penumpang dalam jumlah sedikit (sekitar 12 orang) dengan keterbatasan beban bagasi. Tiket harus dibeli jauh-jauh hari karena jadwal yang tidak setiap hari dan penumpang terbatas.

Harga tiket pesawat dari sekali perjalanan dari Ambon ke Banda Neira dihargai sekitar Rp 350.000, termasuk murah karena mendapat subsidi pemerintah. Untuk pemesanan dapat langsung menuju loket informasi maskapai Dimonim di Bandara Pattimura Ambon. Perjalanan Ambon menuju Banda Neira via udara berlangsung sekitar 45 menit.

Satu lagi yang perlu Kamu perhatikan ketika hendak jalan-jalan ke Pulau Banda Neira ialah memastikan kapan waktu terbaik untuk ke sana. Kamu bisa menuju ke Banda Neira pada Oktober dan awal November. Karena pada bulan-bulan itu, cuaca cenderung cerah dengan ombak laut yang menenangkan.

Source https://phinemo.com https://phinemo.com/pasar-salamoeli-indah-maluku/
Comments
Loading...