Pulau Baling-Baling, Sulawesi Utara

0 70

Pulau ini masih berada di kawasan Tumbak yakni sebuah desa nelayan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara, tepatnya ada di Desa Tumbak, Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar tiga jam perjalanan dari pusat Kota Manado. Pulau Baling-Baling merupakan sebuah pulau kecil yang berbentuk bulat. Hamparan pasir pantai di pulau ini berwarna putih. Air lautnya berwarna biru jernih.

Panorama bawah lautnya pun juga bagus. Di pulau ini, Anda bisa melakukan kegiatan memancing, snorkeling maupun diving. Di pulau ini terdapat sebuah bukit kecil yang sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menikmati panorama sunrise maupun sunset. Pada bagian puncak bukit pulau ini, tersaji pemandangan berupa lanskap yang cantik. Perpaduan lautan yang biru, pulau di kejauhan dan gumpalan awan putih menjadikan pemandangan dari atas pulau ini sangat menawan.

Guratan karang yang terhantam ombak hingga karang yang pecah terbelah dua menjadi sisi lain pemandangan yang dapat memanjakan mata. Dikatakan unik karena untuk menikmati sunrise dan sunset di sini, Anda harus melakukan tracking pendakian yang cukup menanjak di ujung pulau ini. Teruslah melangkah hingga ke titik pendakian yang berada di sisi pulau. Dari sini, perjalanan akan lebih berat karena harus mendaki dengan jalur yang terjal. Disarankan agar Anda pegangan dengan rumput atau batang yang tumbuh di atas tanah, usahakan pada saat mendaki badan condong ke depan agar memudahkan tubuh untuk mengatur keseimbangan. Pakailah alas kaki, karena banyak kerikil-kerikil tajam pada saat pendakian.

Tiba di puncak, hembusan angin kencang begitu sangat terasa. Pemandangan didominasi dengan hamparan air laut yang biru. Warnanya terbagi dua, Biru muda di tepian dan biru tua di bagian sisi terjauh pantai. Airnya yang bersih membuat karang-karang yang tertanam di balik air terlihat menakjubkan. Ombak seperti terlihat berjalan lambat dari atas sini. Pulau Ponteng di sisi kiri terlihat menjulang, sebaliknya di bagian kanan Pulau Tumbak terlihat sangat dekat. Garis pantai di bagian bawah terlihat membentuk semi lingkaran dengan warnanya yang putih bersih. Sisi karang yang telah hancur juga memperlihatkan lapisan dalamnya yang bewarna hitam kecoklatan. Warna karang di sini seperti mempertegas air laut ketika pasang kemudian menabrak pulau dengan hantaman yang keras.

Letak Pulau Baling-baling yang seolah menjadi salah satu penahan ombak bagi perairan Desa Tumbak, membuat air laut di sekitarnya sangat tenang dan berwarna biru. Di perairan sekitar itu pula banyak spot terumbu karang yang indah. Saking jernihnya perairan tersebut, membuat Anda yang berdiri di ketinggian Pulau Baling-baling bisa melihat terumbu karang yang ada di bawah sana. Tepat di depan Pulau Baling-baling terdapat sebuah mercu suar sebagai tanda adanya hamparan terumbu karang. Sempatkan berfoto-foto di salah satu punggung pulau ini.

Rumput-rumput unik yang secara alami tertata rapi dan berpola akan menjadi latar pemandangan yang sangat indah. Terdapat sebuah cottage yang ada di pulau ini. Letaknya berada di atas laut Tumbak. Cottage ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit dari Desa Tumbak dengan menggunakan perahu motor. Selain itu beberapa homestay juga sudah mulai dibangun. Tidak ada penjual atau warung makanan di pulau ini. Untuk makanan, Anda bisa mendapatkannya di Desa Tumbak, atau membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Jika Anda ke Pulau Baling-baling, jangan lupa membawa alat snorkeling. Terumbu karang dan bawah airnya tidak kalah dengan spot indah lainnya di Sulawesi Utara. Pulau Baling-Baling dapat diakses melalui Kota Manado. Dari pusat Kota Manado, Anda bisa langsung menuju ke arah Desa Tumbak. Dari Desa Tumbak, Anda bisa menuju ke Pulau Baling-Baling dengan menggunakan perau motor. Waktu tempuhnya sekitar 15 menit perjalanan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-utara/pulau-baling-baling-pulau-kecil-yang-indah-di-sulawesi-utara.html
Comments
Loading...