Pulau Bakut : Kawasan Wisata Umum di Barito Kuala Kalimantan Selatan

0 35

Pulau Bakut

Taman wisata alam Pulau Bakut di bawah Jembatan Barito ditetapkan sebagai kawasan wisata untuk umum. Menurut Bupati Barito Kuala Kalimantan Selatan Noormiliyani AS, penetapan itu merupakan buah dari kerja keras Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dalam meningkatkan objek wisata Pulau Bakut menjadi tujuan wisata menarik sekaligus tempat edukasi masyarakat, khususnya pelajar.

Kepala BKSDA Provinsi Kalimantan Selatan Mahrus Aryadi mengatakan, lokasi Pulau Bakut merupakan hunian bagi Bekantan (Nasalis Larvatus) dengan luas 15,8 hektare dan letaknya sangat setrategis dekat dengan pusat kota, murah dan pengunjung bisa belajar. Saat ini, katanya, kawasan wisata Pulau Bakut telah dilengkapi sejumlah sarana dengan pembiayaan BKSDA Kalsel dan PT Adaro Indonesia sekitar Rp 1,6 miliar.

Sedangkan fasilitas yang tersedia saat ini, kata dia, berupa loket karcis, mushalla, titian sepanjang 630 meter, menara pandang, dan WC.

Terkait besaran pungutan yang diberlakukan, menurut Mahrus, bagi pihaknya hanya menerapkan Rp 5 ribu, sedangkan bagi masyarakat sekitar akan dibuatkan Perdesnya. Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Dahnial Kifli menyambut baik upaya dan terobosan yang dilakukan BKSDA. Barito Kuala, kata dia, merupakan bagian dari Provinsi Kalsel. Menurutnya, provinsi akan memberikan perhatian, memberdayakan masyarakat sekitar objek wisata, termasuk memperhatikan segala hal-hal yang dibutuhkan.Dinas Pariwisata Kalsel akan memperkenalkan keberadaan objek wisata Kabupaten Barito Kuala yang memiliki potensi luar biasa, baik sungai maupun alam yang sudah diperkanalkan kebeberapa diplomat pada peringatan HPS beberapa waktu lalu.

Source http://www.harnas.co http://www.harnas.co/2018/11/07/pulau-bakut-dibuka-sebagai-kawasan-wisata-umum
Comments
Loading...