Pulau Bair, Maluku

0 58

Pulau Bair

Kota Tual terletak di Maluku dan dekat dengan Kabupaten Maluku Tenggara yang terkenal dengan pantai berpasir putih halus, Pasir Panjang atau Pantai Ngurbloat. Selain pantai Ngurbloat yang sudah populer, Tual juga memiliki Pulau Bair yang tidak kalah menariknya.

Pulau Bair adalah pulau yang unik dengan khas pulau tropis. Ini adalah pulau kecil dengan sejuta pesona. Salah satu keunikannya berasal dari dua teluk dengan air jernih dan laut yang tenang, vegetasi mangrove dan tebing batu. Sepintas, Pulau Bair mirip dengan Raja Ampat Papua namun dalam skala kecil. Pulau Bair juga merupakan rumah bagi anak-anak hiu Blackpit.

   

Untuk sampai ke Pulau Bair cukup mudah. Anda bisa memulai perjalanan darat dari pusat kota ke desa Dullah Darat dengan berkendara kurang dari 30 menit, dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum ke desa Dullah dari terminal angkutan umum di pelabuhan kapal di kota Tual.

Setelah sampai di pelabuhan Dullah Darat, melanjutkan perjalanan laut dengan menggunakan speed boat. Karena Pulau Bair terletak di ujung  deretan pulau di Desa Dullah Laut, dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan.

Dalam Perjalanan ke Pulau Bair, Anda akan melewati beberapa pulau kecil, salah satunya adalah Pulau Adrenan. Pulau Adrenan adalah sebuah pulau kecil seluas 500 m2 dengan pantai berpasir yang unik dan indah. Pasir pantai bergeser ke arah timur karena perubahan musiman dari timur ke barat, dan sebaliknya.

Pulau Adrenan sangat cocok bagi mereka yang suka bermain di air pantai dan mengambil beberapa gambar spektakuler, sungguh ini merupakan petualangan yang seru. Setelah melewati beberapa pulau di Desa Dullah Laut, Anda akan sampai di Pulau Bair dan akan segera diobati oleh pemandangan tebing batu yang mengelilingi Pulau Bair dan jika beruntung.

Anda akan bisa melihat Anak-anak hiu blackpit. Setelah sampai di teluk Pula Bairkita, Anda akan disuguhi oleh tebing-tebing yang megah dan beberapa tebing berbatu di tengah teluk. Saat laut surut, Andaa akan menemukan beberapa pantai yang bisa dikunjungi karena tidak tertutup oleh air laut.

Bagi Anda yang tertarik mengunjugi Pulau Bair, Ada tips untuk Anda dan rombongan yang perlu diperhatikan; Bawalah tabir surya, makanan dan minuman secukupnya dan jangan lupa bawa sampah pulang ke rumah untuk menjaga kebersihan pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Bair adalah di angin musim Timur atau selama musim berganti dari Timur ke Barat atau sebaliknya. Tepatnya bisa dikunjungi pada bulan Maret sampai Agustus karena lautnya yang tenang dan ombaknya kecil.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/diving/pulau-bair-di-tual-mutiara-yang-menjadi-tempat-tinggal-bagi-anak-anak-hiu-blackpit
Comments
Loading...