Pulau Asu Nias, Surga Tersembunyi di Sumut

0 7

Pulau Asu Nias

Pulau Asu Nias ini merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Perjalanan menuju ke tempat ini pun bakal butuh biaya yang cukup besar dan perjuangan ekstra. Para traveler bisa berangkat dari kota Medan menuju ke Bandara Binaka di Gunung Sitoli. Selanjutnya, perjalanan bisa diteruskan ke Sirombu.

   

Dan dari Sirombu, traveler bisa naik perahu langsung menuju ke Pulau Asu. Sesampainya di tempat ini, para traveler pun bisa melakukan berbagai aktivitas. Bisa bersantai di pinggir pantai dengan pasir lembutnya. Atau bisa pula melakukan aktivitas diving dan snorkeling. Tak hanya itu, para wisatawan asing juga banyak yang menghabiskan waktunya dengan bermain surfing atau selancar.

Sejarah Pulau Asu Nias

Pertama kali mendengar nama Pulau Asu ini, pasti banyak yang geleng-geleng kebingungan. Terlebih dalam bahasa Jawa, Asu merupakan kata yang berarti anjing. Bahkan dalam bahasa Nias, kata asu ternyata juga mempunyai arti kata yang sama, anjing. Lalu apakah Pulau Asu ini mempunyai makna sebagai pulau untuk para anjing?

Para wisatawan memang banyak yang mempunyai anggapan seperti itu. Terlebih para penduduk Pulau Asu ini ternyata banyak yang memelihara anjing sebagai hewan peliharaan. Namun makna Pulau Asu pada tempat ini tentu saja bukan itu. Pulau Asu berasal dari kata Asuhan yang bermakna terakhir. Jadi, Pulau Asu Nias ini mempunyai arti sebagai pulau terjauh yang dijaga serta dikagumi.

Biaya ke Pulau Asu Nias

Sayangnya, traveler yang tertarik berlibur ke Pulau Asu Nias ini harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Terlebih karena fasilitas transportasi yang sangat minim. Biasanya, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Asu menggunakan sarana speedboat dengan tarif sebesar 1 juta rupiah untuk sekali keberangkatan. Namun kalau untuk wisatawan lokal, bisa menggunakan layanan ini dengan tarif 150 ribu rupiah per orang.

Menggunakan speedboat ke Pulau Asu memang lebih mahal, tapi juga menawarkan waktu tempuh yang lebih cepat. Hanya butuh waktu tak kurang dari 45 menit. Kalau ingin murah, bisa juga menyewa sampan milik nelayan seharga kurang lebih 500 ribu rupiah. Namun kalau memilih transportasi ini, durasi perjalanan lebih lama hingga 2 jam perjalanan.

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/pulau-asu-nias.html
Comments
Loading...