Pulau Abang Batam, Pesona Laut Kepulauan Riau

0 6

Pulau Abang merupakan sebuah pulau kecil dengan populasi 1500 orang yang terletak di Kecamatan Galang, Kota Batam. Pulau dengan air biru jernih ini kian populer saat berbagai penyedia jasa tour and travel menawarkan kegiatan snorkeling di pulau ini. Wisatawan lokal dan asing pun ramai berkunjung untuk menikmati berbagai keindahan biota laut pulau Abang. Bagaimana keseruannya? Simak berikut ini.

Perjalanan dari Jembatan 6 menuju pulau Abang menggunakan kapal kecil

Sebelum itu, perjalanan dimulai dari Pulau Batam sekitar 2 jam menuju jembatan 6. Bagi yang belum tahu, pulau Batam terhubung dengan pulau-pulau lainnya dengan jembatan Barelang (Batam-Rempang-Galang), dan jembatan Barelang yang selama ini menjadi ikon kota Batam adalah jembatan 1.

Setelah jembatan 6 terdapat pelabuhan kecil dan kapal-kapal kecil yang siap mengantarkan ke pulau Abang dan terdapat rumah penduduk yang dijadikan sebagai tempat menaruh barang bawaan. Jika menggunakan jasa tour and travel maka semua sudah diatur dan kita hanya tinggal menggunakannya saja. Paket wisata biasanya tersedia dengan harga sekitar Rp 350.000 per orang sudah termasuk perjalanan pergi pulang pulau Batam, makan siang, snack dan snorkeling tentunya.

Perjalanan dari tempat menaruh barang bawaan ke spot snorkeling sekitar 30-45 menit tergantung kapal dan cuaca

Perjalanan ke spot snorkeling bisa dibilang seru. Kamu bisa merasakan terombang ambing oleh ombak di tengah laut. Tapi jangan khawatir karena selama perjalanan kita diwajibkan memakai safety jacket untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Snorkeling juga dilakukan dengan memakai safety jacket, jadi yang tidak bisa berenang pun tetap bisa menikmati asyiknya snorkeling

Safety jacket membuat tubuh tetap mengapung di air. Jadi bagi yang tidak bisa berenang pun akan tetap bisa menikmati snorkeling dengan aman. Selain itu, para pemandu pun akan dengan senang hati membimbing kita di tengah lautan. Yang penting jangan panik dan berani, maka tidak akan tenggelam.

Jasa tour and travel juga menyediakan fasilitas berfoto di bawah laut

Disarankan untuk membawa flashdisk atau kabel data untuk mengkopi foto-foto selama berwisata. Saat selesai kegiatan snorkeling maka akan disediakan waktu untuk mengkopi foto masing-masing.

Tidak boleh menginjak karang, apalagi sengaja merusak

Dilarang keras merusak karang. Pulau Abang memang indah, kita boleh mengeksplor dan menikmatinya, namun harus sadar kita pulalah yang harus menjaganya.

Kamu bisa ketemu sama Nemo juga

Cukup banyak ikan badut atau clown fish yang lebih dikenal dengan nama Nemo ini di spot snorkeling pulau Abang. Ada dua jenis Nemo yang paling banyak ditemui di pulau abang, salah satunya adalah Nemo yang berwarna orange seperti dalam gambar, dan yang satunya adalah yang berwarna hitam dengan garis merah yang tidak kalah cantik.

Selain Nemo, kamu juga bisa ketemu sama ikan-ikan lain yang nggak kalah cantik

Beragam jenis ikan akan menyapamu saat snorkeling. Asal jangan sampai kena bulu babi ya.Bulu babi adalah hewan landak laut berwarna hitam dengan duri yang tajam mengelilingi tubuhnya. Apabila tertusuk duri pada bulu babi maka kamu akan terkena demam.

Air laut yang jernih membuat kamu betah lama-lama snorkeling

Jangan khawatir jika belum puas di satu spot snorkeling, pulau abang menyajikan beberapa spot snorkeling yang indah. Selain spot yang indah, tour guide nya juga super ramah dan baik. Mereka juga bisa bahasa Inggris lho karena cukup banyak wisatawan asing yang datang. Untuk kamu yang pengen punya teman luar negeri, bisa juga bertukar nomor telephone kan, siapa tahu bisa traveling bareng di masa yang akan datang.

Source https://www.idntimes.com https://www.idntimes.com/travel/destination/try-ervina/serunya-snorkeling-di-pulau-abang-batam-pesona-laut-kepulauan-riau-c1c2/full
Comments
Loading...