Pesona Pagoda Tertinggi di Taman Alam Lumbini, Karo

A Buddha statue looking at the temple at Taman Alam Lumbini, Brastagi, Indonesia.
0 11

Taman Alam Lumbini

Beberapa waktu belakangan, Kabupaten Karo di Sumatera Utara terkenal karena Gunung Sinabung yang masih terus erupsi hingga sekarang. Namun, tahukah kamu bahwa dibalik musibah yang tengah menimpa Karo, daerah ini juga menghadirkan wisata menarik yang patut untuk dikunjungi?
Sebuah pagoda berdiri megah di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pagoda yang diberi nama Lumbini ini berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha, sekaligus tempat wisata bagi masyarakat umum.
   
Diresmikan pada Oktober tahun 2010, sekitar 1.300 biarawan dan 200 orang dari seluruh dunia berkumpul di tempat ini. Menurut kepercayaan Buddha, nama Lumbini sendiri adalah nama tempat Siddharta Gautama dilahirkan yang berada di Nepal. Pagoda ini merupakan replika Pagoda Shwedagon yang berlokasi di Yangon, Myanmar, yang dikelilingi dengan taman seluas 3 hektar.
Dengan tinggi 46,8 meter, panjang 68 meter, lebar 68 meter, 30 Rupang Arahat, 2.958 Rupang Buddha, dan 108 relik suci, pagoda yang dilapis warna emas cerah itu terlihat sangat mewah dan megah. Selain dilapisi dengan menggunakan cat warna emas cerah, pagoda ini memiliki jembatan gantung sepanjang 20 meter yang dinamai Titi Lumbini.
Meski masuk ke pagoda tidak dikenai biaya, pengunjung dapat merasakan fasilitas yang nyaman ketika mengunjunginya. Kesan bersih, asri, dan segar langsung terasa. Pagoda ini juga menjadi pagoda tertinggi di Indonesia dan mendapatkan rekor MURI. Untuk mencapai Taman Lumbini, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari Medan menuju Berastagi. Kemudian, dilanjut dengan angkutan umum menuju Tugu Buah Jeruk yang berada di Simpang Dolat Rayat dan perjalanan kaki sekitar 30 menit dari Simpang menuju Taman Lumbini.
Source https://kumparan.comhttps://kumparan.com https://kumparan.com/@kumparantravel/pesona-pagoda-tertinggi-di-indonesia-di-taman-alam-lumbini-karo
Comments
Loading...