Pesona Malam di Wisata Tugu Talawi Sawahlunto

0 23

Tugu Talawi Sawahlunto

Pemerintah Kota Sawahlunto beserta jajarannya terus berusaha menghadirkan berbagai kawasan wisata baru yang dapat mempercantik Kota Sawahlunto ke depannya. Salah satu daerah yang menjadi fokus perhatian pemerintah saat ini adalah Kecamatan Talawi, sebuah desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanah Datar. Batas geografis ini menjadikan pemerintah berpikir panjang, bagaimana cara agar ketika wisatawan memasuki Kota Sawahlunto melalui Kecamatan Talawi, mereka akan terpesona dengan Kota Sawahlunto tersebut.

Lalu muncullah ide untuk membuat Tugu Talawi yang berada di Jl Muhammad Yamin, Talawi Hilir, Talawi, Sawahlunto. Selain sebagai penegas identitas Kota Sawahluto, Tugu Talawi ini juga merupakan batas antara desa Talawi Hilir dan Talawi Mudik (Hilir dalam bahasa Indonesia bermakna bawah dan mudik memiliki makna atas). Saat ini Tugu Talawi telah menjadi salah satu obyek Wisata di Sawahlunto yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun wisatawan yang berasal dari luar daerah.

Banyak wisatawan yang memilih datang pada malam hari, karena bisa melihat keindahan Tugu Talawi yang bersinar dengan indahnya. Tatanan pencahayaan yang apik membuat keindahan tugu ini menjadi lebih meriah saat malam hari. Selain itu, saat mengunjungi Tugu Talawi, tidak ada salahnya anda meluangkan waktu sejenak untuk berziarah ke komplek Pemakaman Muhammad Yamin. Tentu anda mengenal tokoh kemerdekaan yang satu ini, seorang sastrawan, ahli hukum, serta politikus Sumatera Barat yang keberadaannya diakui dan dihargai oleh Negara Indonesia.

Muhammad Yamin yang lahir di Sawahlunto pada 24 Agustus 1903 ini pernah dipercaya sebagai Menteri kehakiman, Menteri Pengajaran, Pendidikan, dan Kebudayaan, serta berbagai jabatan lainnya. Ia juga merupakan salah satu petinggi di Organisasi Pemuda Sumatera yang ikut andil dalam penentuan kemerdekaan Indonesia pada 1945. Kembali berbicara mengenai Tugu Talawi, Tugu yang menjelma menjadi ikonnya Kota Sawahlunto ini, dibangun dengan berlandaskan pada filosofi yang sangat dalam.

Yaitu sebuah tugu yang mampu melambangkan sendi-sendi kehidupan beragama, adat istiadat, dan kehidupan masyarakat Sawahlunto Khususnya dan Minangkabau umumnya. Tugu Talawi sebagai salah satu obyek Wisata di Sawahlunto tersebut menyiratkan makna Tungku tigo sajarangan melalui pondasi tugu yang berbentu bulat, layaknya sebuah tungku di Minangkabau. Pepatah ini memiliki makna yang begitu dalam, yaitu persatuan yang kokoh antara, alim ulama, tokoh masyarakat dan cadiak pandai (orang-orang berilmu).

Hal ini menggambarkan bahwa adat Minangkabau bukanlah adat yang berlandaskan pada kebiasaan nenek moyang semata, tetapi adat yang disusun dengan melandaskannya pada aturan Agama Islam, serta pendapat para orang-orang cerdas yang mengisyaratkan pada kita bahwa Adat Minagkabau adalah adat yang fleksibel. Selain itu Tugu Talawi juga diwarnai menggunakan 3 warna, hitam, merah, dan kuning, ketiga warna ini adalah warna utama yang digunakan semua lambang pemerintahan di daerah Sumatera Barat yang melambangkan sejarah asal mula Minangkabau yang berasal dari Luhak nan Tigo.

Di bagian depan Tugu Talawi, di hiasi oleh ornamen yang melambangkan atap atau gonjong rumah gadang. Atap rumah gadang ini mengandung makna jalinan silaturrahmi. Karena menurut sebagian pendapat, selain menggambarkan bentuk tanduk kerbau, atap rumah gadang ini juga merupakan perlambang dari daun sirih yang tumbuh dengan dedaunan yang saling menempel. Daun sirih di Minangkabau digunakan sebagai pengikat dan penguat silaturrahmi di antara masyarakatnya.

Begitu banyak filosofi dan makna yang terkandung dalam Tugu Talawi, selain sebagai batas daerah antara Kota Sawahlunto dan Kabupaten Tanah Datar, Tugu Talawi telah menjadi destinasi Wisata di Sawahlunto yang mengandung nilai-nilai budaya yang sangat kuat. Jika anda berkunjung ke Kota Sawahlunto dengan mengambil rute dari arah Tanah Datar, maka mampirlah sebentar di Tugu Talawi ini untuk sekedar bercengkrama dengan masyarakat sekitar atau untuk mengambil beberapa foto.

Selain itu, di sekitar lokasi ini ada berbagai tempat makan yang menyediakan beragam kuliner khas Sawahlunto yang harus anda cicipi. Jangan lupa siapkan budget yang cukup untuk menikmati kuliner di sekitar tugu. Sempatkan pula untuk menikmati keindahan malam di Wisata Tugu Talawi ini bersama keluarga dan sahabat anda.

Source https://catatanwisata.com https://catatanwisata.com/pesona-malam-di-wisata-tugu-talawi-sawahlunto/
Comments
Loading...