Pesona Keindahan Wisata Sejarah Goa Lowo Trenggalek

0 103

Goa Lowo

Goa Lowo merupakan salah satu objek wisata di Trenggalek yang patut anda kunjungi. Sejak diresmikannya menjadi objek wisata pada tahun 1984, Gua Lowo atau dalam Bahasa Indonesia gua kelelawar telah dikunjungi oleh puluhan ribu pengunjung. Gua Lowo terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur atau sekitar 27 Km dari pusat Kota Trenggalek dan Tulungagung.

Rute Menuju Goa Lowo

Rute menuju destinasi wisata ini sangat mudah karena melewati ruas jalan nasional dan searah menuju lokasi wisata Pantai Prigi dan Pasir Putih. Sampai sekarang, goa yang terkenal sebagai goa terbesar dan terpanjang di asia tenggara ini masih menyimpan sejuta misteri. Sebutan tersebut didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli goa asal perancis, panjang Goa Lawa ini berkisar 2 KM. Namun, dari total keseluruhan goa hanya 850 meter yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Untuk menyusuri sisanya yang sepanjang 1.150 meter Anda harus menyelami sungai bawah tanah sedalam 10 Meter. Dinamakan Goa Lowo atau goa kelelawar karena di goa ini terdapat sejumlah kelelawar yang menghuni goa ini. dan uniknya lagi tidak ada fauna lain yang mampu bertahan hidup di goa ini. Di lokasi ini Anda akan menikmati keindahan gua yang diselimuti oleh stalagtit dan stalagmit. Ukiran di batu-batuan tersebut terbentuk secara alami dari partikel yang terbawa tetesan air di dalam gua selama ribuan tahun.

Keunikan Goa Lowo

Goa Lawa Trenggalek ini adalah adanya batu-batuan yang menyerupai hewan atau benda hidup, seperti batu besar yang ada pada jalan masuk goa yang menyerupai hewan kura-kura. Selain itu ada juga yang menyerupai singa, Sangkar, Tugu Buceng, sepasang kaki, dan masih banyak lagi bebatuan yang memiliki bentuk yang unik. Keindahan alam tersebut lebih sempurna dengan adanya sorot lampu aneka warna yang terpasang di sela-sela bebatuan.

Untuk menyusuri seluruh keindahan gua, Anda tidak perlu repot, karena disediakan jembatan sepanjang 859 meter, mulai dari mulut hingga ujung gua. Di ujung jembatan, Anda dapat menikmati sinar matahari yang menerobos lubang kecil di langit gua. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan ribuan kelelawar yang bergelantungan di dinding gua.

Gua ini mempunyai lebar ruangan mencapai 50 meter dengan ketinggian bervariasi antara 20 hingga 50 meter. Dengan kondisi tersebut, Anda tidak perlu takut kehabisan oksigen. Selama menyusuri Goa Lowo ini, Anda akan mendapati 12 belas ruangan yang berukuran sangat besar. Sementara itu, harga tiket masuk ke dalam gua juga relatif murah. Hanya Rp 7.500 per orang pada hari biasa dan Rp 10.000 pada hari libur.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/goa-lowo-trenggalek-melintasi-goa-terpanjang-se-asia-tenggara.html
Comments
Loading...