Pesona Keindahan Wisata Gunung Butak di Jawa Timur

0 212

Gunung Butak

Gunung Butak  adalah salah satu Gunung Merapi yang tidak aktif di Pulau Jawa. Lokasi Gunung Butak terletak di antara perbatasan Kabupaten Malang dan Blitar. Posisinya yang berderet dengan Gunung Panderman dan Gunung Kawi seoalah membentuk pahatan manusia yang  sedang tertidur.   Gunung Panderman sebagai kakinya, Gunung Kawi berbentuk dada manusia dan Gunung Butak adalah hidungnya. Tinggi Gunung Butak adalah 2.868 mdpl.

Gunung Butak Malang memang tidak sepopuler gunung-gunung lainnya, dikarenakan jalannya yang terjal. Namun, kondisi ini justru menjadi tantangan bagi Anda pencinta Gunung. Bagaimana Serunya Mendaki Gunung Butak Malang ? Yuk kita simak. Ada dua jalur resmi dalam mendaki Gunung Butak yaitu via Panderman yang lebih ekstrim, panjang dan kurang pos-pos atau jalur pendek via Sirah Kencong yang lebih nyaman. Kali ini kami akan membahas kedua jalur ini untuk Anda.

Jalur pendakian Gunung Butak via Panderman

Rute ke Gunung Butak via Panderman bisa menggunakan GPS dan mengetik Alun-Alun Batu. Alun-alun ini terletak berhadapan dengan Mesjid Besar Annur. Setelah itu, Anda cukup berjalan lurus hingga ketemu lampu lalu lintas, Anda belok ke kiri. Ketika ketemu pertigaan, Anda tetap berjalan lurus sampai Anda melihat gapura besar bertuliskan Panderman di sisi kanan. Anda cukup mengikuti jalur yang memiliki gapura itu hingga ke parkiran Perijinan Panderman. Harga tiket masuk cagar alam Gunung Butak adalah Rp 7000 per kepala dan parkir motor Rp. 5.000. Dari sini Anda bisa memulai perjalanan Anda ke lokai pendakian.

Setelah melewati Perijinan Panderman, Anda akan menelusuri jalan setapak yang lumayan panjang. Di ujung jalan, Anda akan menemukan plang yang menunjuk ke arah Gunung Butak atau Gunung Panderman. Anda cukup mengikuti papan petunjuk jalan yang ada. Perjalanan sedikit berat karenajalanan tanjakan dan turunan berjam-jam. Karena kekurangan pos-pos yang jelas, Anda perlu memperhatikan plakat berbentuk segi empat yang bertuliskan angka-angka Romawi. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat peristirahatan Anda. Selain itu, Anda perlu mengambil sisi sebelah kanan jalur. Anda juga perlu berhati-hati supaya tidak tersesat.

Setelah lebih kurang berjalan 6-10 jam berjalan menelusuri hutan, Anda akan bertemu dengan Savana yang lengkap dengan edelweiss. Para pendaki biasanya menggelar tenda dan beristirahat sebelum ke Puncak Butak keesokan paginya. Air di Savana sangat berlimpah dan bersih sehingga Anda boleh langung meneguknya. Jangan lupa menyiapkan asupan bagi tubuh untuk setiap energi yang telah hilang. Dari Savana juga, Anda bisa melihat puncak Gunung Butak. Perjalanan dari Savana ke Puncak Butak hanya membutuhkan waktu 1 jam. Fiuhh.. Serunya Mendaki Gunung Butak Malang tergantikan dengan pemandangan yang begitu indah dari puncak gunung.

Source http://blog.airpaz.com http://blog.airpaz.com/id/serunya-mendaki-gunung-butak-malang/
Comments
Loading...