Pesona Keindahan Wisata Curug Layung Bandung

0 148

Curug Layung

Curug Layung merupakan salah satu dari air terjun yang ada di aliran Sungai Cimahi. Curug yang kini jadi favorit ini dulu sempat tertutup untuk umum ketika dulu wilayahnya termasuk ke dalam area latihan Kopassus (di kaki Gunung Burangrang). Kemudian, pada tahun 2012 tempat ini mulai dibuka lagi sebagai objek wisata. Karakteristik Curug Layung ini tidak terlalu tinggi alirannya.

Namun kolam alami yang cukup luas dengan airnya yang bening menjadi daya pikat tersendiri. Curug merupakan “si cikal” alias berada di bagian hulu aliran Sungai Cimahi. Dimana “adik-adiknya” ke arah hilir ada Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi (Curug Pelangi), Curug Panganten, dan Curug Lalay. Menuju ke lokasi anda akan di kenakan biaya Untuk Tarif masuk kawasan wisata ini adalah Rp.6.000/orang, sementara untuk bida bercamping ria di sini, anda harus membayar Rp.10.000/orang.

Lokasi Curug Layung 

Curug Putri Layung berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu (arah sebelah barat), yakni di antara dua buah tebing dan rimbunan pohon pinus. Lokasi persisnya ada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Anda bisa menikmati tempat nan alami ini dengan hiking setelah turun di parkiran. Namun bagi Anda yang hobi bersepeda, bisa juga menjajal hobi Anda tersebut untuk ke tempat ini. Di sini memang menyajikan objek wisata yang terpadu antara kawasan hutan pinus, Curug Layung, juga bisa merambah ke perkebunan teh Sukawarna yang letakna tidak terlalu jauh dari curug.

Rute Menuju Curug Layung 

Rute Dari Arah Bandung/Jln. Setiabudhi
Anda bisa melewati Jln. Kolonel Masturi atau Jl. Cihanjuang Cimahi. Curug ini terdapat di dua jalan utama yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Komando dan lewat jalur daerah wisata Ciwangun Indah Camp (CIC). Dari arah Bandung Anda bisa melalu arah Jln. Setiabudhi (seberang Terminal Ledeng) kemudian belok kiri ke Jln. Kolonel Masturi, ke arah Cihideung, hingga melewati objek wisata Curug Cimahi (dekat CIC), lalu ke Jln. Komando.

Rute dari Cimahi
Jika dari arah Cimahi, ambil arah ke Jln. Kolonel Masturi lalu masuk ke Jln. Komando sebelum objek Wisata Curug Cimahi/Curug Pelangi. Dari sana, ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang wisata Curug Layung. Di sinilah tempat Anda memarkirkan kendaraan roda dua atau roda empat. Di sana Anda penduduk/petugas yang mengelola parkir dan tiket masuk yang dikeluarkan pihak Perhutani. Tiket masuknya Rp 10.000. Anda lalu hiking menuju kawasan hutan pinus di kaki Gunung Burangrang. Ya, walaupun ada juga jalur yang free dengan menempuh jalur alternatif. Namun, daripada bikin bingung, ikuti saja jalur konvensional ini.

Source Jalan Wisata harga tiket masuk
Comments
Loading...